Badan SAR Nasional (Basarnas) Kantor SAR Medan siaga penuh untuk membantu menanggulangi berbagai macam bencana yang akan terjadi di wilayah Sumatera Utara menjelang akhir tahun seiring kondisi cuaca yang sulit diprediksi. 

Kepala Kantor SAR Medan Toto Mulyono kepada ANTARA di Medan, Rabu (6/11) mengatakan biasanya di akhir tahun merupakan musim penghujan untuk itu pihaknya tetap selalu waspada terhadap berbagai peristiwa bencana yang akan terjadi.

"Tentunya Kantor SAR Medan siaga 24 jam setiap hari dan pada saat kondisi-kondisi tertentu kami akan lebih meningkatkan kesiapsiagaan baik itu personel dan alut yang kami miliki," katanya.

Dalam waktu dekat ini Kantor SAR Medan akan menggelar apel kesiapsiagaan sekaligus mengecek kesiapan para personel dan peralatan guna melaksanakan fungsi pencarian dan pertolongan saat terjadi bencana.

"Untuk di Sumut kami memiliki 110 orang personel dan semuanya disiagakan untuk melakukan operasi SAR," tambahnya.

Saat ini Kantor SAR Medan sedang melakukan operasi SAR hari ketiga di Kabupaten Pakpak Bharat dalam menanggulangi bencana longsor yang terjadi akibat tingginya curah hujan.

"Akhir-akhir ini banyak terjadi kecelakaan di sejumlah wilayah di Sumut sehingga menjadi fokus kami di penghujung tahun ini," katanya.

Pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat agar lebih berhati-hati dalam beraktifitas dan selalu waspada terhadap kondisi yang berpotensi bencana, apabila adanya bencana masyarakat dapat menghubungi pelayanan call center emergency 115.
 

Pewarta: Septianda Perdana

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019