Wakil Wali kota Padangsidimpuan Arwin Siregar membuka acara diseminasi hasil penelitian kerja sama Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Padangsidimpuan dengan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, dan Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan, Kamis (31/10) di Aula BKDPSDM.

Dalam kesempatan itu ia mengatakan acara ini merupakan agenda kegiatan bidang inovasi dan teknologi. 

Dimana diharapkan dapat menggali potensi yang ada didaerah mengingat daerah kita meskipun suatu kota, namun kita masih lebih banyak daerah pedesaannya dibuktikan dengan lebih banyak desa daripada kelurahan.

"Kami mengharapkan para akademisi yang diundang dapat memberikan kontribusi positif atas penelitian yang telah dilakukan semoga hasil-hasil inovasi yang dibuat saudara bisa membantu pembangunan kota Padangsidimpuan kedepannya," katanya.

Baca juga: Dinas Kelautan Sumut tabur ikan di lubuk larangan

Sementara itu Kepala Baperlitbang Kota Padangsidimpuan M Jusar Nasution mengatakan diseminasi itu merupakan langkah untuk menggandeng peneliti-peneliti dari daerah untuk sama-sama memajukan Kota Padangsidimpuan.

Kemudian, kata Jusar, untuk membangun sinergitas antara lembaga penelitian, dan Mengoptimalisasikan penelitian tersebut untuk diterapkan dalam gawai organisasi perangkat daerah terkait di kota Padangsidimpuan.

Ketua Dewan Riset Kota Padangsidimpuan Darmadi Erwin Harahap, turut hadir sekaligus memberikan sumbangsi ide dan gagasan.

Beberapa peneliti yang diundang antara lain Rafiqah Amanda dari UMTS dengan judul pemanfaat buah balakka sebagai produk unggulan agribisnis

Ada juga Ali Hardana dari IAIN Padangsidimpuan dengan judul faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan industri kecil di Kota Padangsidimpuan.

Selain itu ada Gabby Maureen Pricilia dari IPTS dengan judul penelitian penerapan model pembelajaran berbasis kearifan lokal berorientasi karakter dalam pengajalan menulis.

 

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019