Prajurit Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-106 TA 2019 Kodim 0204/DS saling bersinergi dengan warga dalam merampungkan pembangunan bronjong (benteng penahan) dinding tebing agar tidak longsor di jembatan Bah Bolon Kabupaten Serdang Bedagai.

Perwira Pengawas (Pawas) TMMD Kapten Inf AT Panjaitan di Serdang Bedagai, Senin (28/10) mengatakan langkah taktis dan terukur tersebut guna mengantisipasi hal-hal tidak diinginkan, khususnya di ujung jembatan Sei Bah Bolon di Desa Silau Padang, Kecamatan Sipispis, Kabupaten Sergai.

"Kita terus memaksimalkan tenaga dan waktu untuk membangun bronjong penahan longsor ini mengingat kawasan tersebut rawan longsor ketika diguyur hujan deras," katanya. 

Di lokasi terlihat kehadiran warga setempat yang sukarela turut membantu satgas TMMD membangun bronjong penahan longsor. 

Para operator alat berat sejak pagi tampak fokus memecah lapisan bebatuan padas di dinding tebing. Sementara operator ekskavator kemudian melakukan pergeseran bebatuan padas ke zona aman maupun mendekati kawat bronjong agar lebih mudah dimasukkan ke kawat bronjong.

Sementara menjelang petang operator alat berat juga berjibaku memecah lapisan batu cadas mendekati pintu masuk jembatan sebelah barat Sei Bah Bolon agar jalannya lebih landai.

Pembangunan bronjong dikerjakan dengan merangkai kawat menjadi kantong kemudian diisi pecahan batu cadas yang dilangsir secara manual oleh prajurit Satgas bersama warga. 

Pewarta: Septianda Perdana

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019