Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto membuka even Poldasu Toba Lake Fiesta (PTLF) tahun 2019, di Pantai Bebas Parapat, Kabupaten Simalungun, Sabtu (12/10).

Pembukaan ajang promosi wisata Danau Toba di Parapat yang disaksikan ribuan pengunjung itu ditandai dengan pelepasan balon ke udara.

Kapolda Sumut bersama rombongan disambut tarian etnis Simalungun, Tortor Somba dan dihibur 10 tarian etnis yang ditampilkan siswa siswi dari Perguruan Sultan Agung Pematangsiantar.

Ke 10 etnis itu, Pakpak Dairi, Karo, Mandailing Tapsel, Simalungun, Batak Toba, Minang, Jawa, Melayu, India dan China.

Kapolda Sumut dan sejumlah pejabat di antaranya Bupati Simalungun JR Saragih dan pemangku kepentingan mengantraksikan kemampuan memasak nasi goreng.

Kapolres Simalungun, AKBP Heribertus Ompusunggu selaku ketua panitia menyampaikan, kebanggaan daerah wilayah tugasnya menjadi tuan rumah kegiatan.

Dikatakan, tujuan kegiatan untuk mengeksplor kearifan lokal daerah setempat dalam upaya meningkatkan pariwisata Danau Toba.

Pihaknya mengadakan sejumlah kegiatan dan perlombaan di antaranya lomba perahu hias, solu bolon, penaburan ikan, solu parsada-sadaan, lomba renang, masak tradisional, eksebishi jet ski, hiburan tarian tradisional dan musik.
 

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019