Satuan Komunikasi (Saka) Pramuka Kominfo Labuhanbatu Utara menggelar Pelatihan Software Open Source di Grans Hotel Aekkanopan, Jumat. Acara itu diikuti puluhan siswa dari beberapa sekolah yang ada di Kecamatan Kualuhhulu.

Bupati Labura H Kharuddin Syah SE dalam sambutan tertulisnya antara lain menyebutkan, era kemajuan teknologi sekarang harus disikapi. Melalui kegiatan peserta diharapkan dapat mengikuti perkembangan teknologi informasi.

Dengan demikian, bupati berharap ke depan peserta mampu berkiprah di kancah nasional serta mengharumkan nama kabupaten bermotto Basimpul Kuat Babontuk Elok tersebut.

Pada bagian lain, bupati juga mengapresiasi kinerja Saka Pramuka Kominfo karena OPD itulah yang pertama dilantik Satuan Komunikasi (Saka) Pramuka di Labura pada 2018.

Sekretaris Kwarcab Pramuka Labura Irwan juga mengapresiasi kinerja Saka Kominfo. Menurutnya, Saka Kominfo merupakan satu-satunya Saka yang aktif sejak dilantik.

Pria yany juga menjabat salah satu Kalepal Bidang di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Labura itu menyatakan sangat mendukung dan terus mendukung kegiatan kepramukaan yang ada di tanah Basimpul Kuat Babontuk Elok itu.

Ketua Panitia Pelaksana Endra Budi SKom melaporkan, kegiatan ini akan dirangkai dengan perkemahan pada 18-19  Oktober mendatang. Tujuan acara itu adalah agar para peserta mengetahui tentang software open source (sumber terbuka).

Acara itu menghadirkan dua narasumber. Salah seorang diantaranya adalah Adam Kurniawan Margolang SKom yang menjelaskan tentang open source, bagaimana menggunakan aplikasi yang open code dan yang tidak.

Acara yang diikuti puluhan siswa tersebut mendapat sambutan dari peserta. Terbukti saat sesi tanya jawab dibuka, banyak peserta yang menyampaikan pertanyaannya kepada narasumber.

Pewarta: Sukardi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019