Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kabupaten Asahan secara bersamaan sama melakukan penanggulangan  kebakaran hutan dan lahan (Karhulta) di Sei Kepayang, Kabupaten Asahan. 

Penanggulangan dilakukan dengan cara menyemportkan dilahan gambut yang diperkirakan 30 ha diwilayah Pasar XX Desa Perbangunan Kecamatan Sei Kepayang Kabupaten Asahan.

Seketaris Daerah (Sekda) Asahan, Taufik Zainal Abidin Siregar yang ikut memadam lahan mengatakan bahwa untuk mengatasi kebakaran yang terjadi, Pemkab Asahan telah mengambil beberapa langkah-langkah untuk mengatasi kebakaran tersebut. Diantaranya dengan membuat kanal untuk memutuskan rantai api. 

Kemudian sumur bor dan mengerahkan  satuan Pemadam Kebakaran untuk memadamkan api. " Semoga persoalan api dan asap dilahan ini segera tuntas,"  ucap Taufik. 

Sementara itu,  Kapolres Asahan AKBP Faisal F Napitapulu, SIK, MH menegasakan persoalan kebakaran hutan dan lahan harus tuntas diselesaikan 

"Kita mulai hari ini, harus dapat menuntaskan kebakaran yang melanda sekitar 30 hektare  hutan Sei Kepayang Kabupaten Asahan"kata Faisal dihadapan personil TNI, personil Polri, Satpol PP, BPBD dan Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara.

Baca juga: Plt Bupati Asahan ajak pelajar jadi pelopor keselamatan berlalu lintas

Selanjutnya beliau mengatakan,agar para seluruh personil yang terlibat dalam penanganan kebakaran hutan Asahan dapat menggunakan perlengkapan yang baik dan memadai terutama harus menggunakan masker.

Diakhir penyampaiannya Kapolres menegaskan bahwa kegiatan yang kita lakukan ini merupakan wujud kepedulian dan tanggungjawab kita kepada masyarakat Asahan yang  saat merasakan dan berdampak terkena kabut asap dari hutan Asahan yang terbakar.

Pewarta: Indra Sikumbang

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019