Kepergian Presiden ke-3 RI BJ Habibie meninggalkan kesan bagi Wali kota Sibolga, Syarfi Hutauruk. Dimana mantan anggota DPR-RI tiga periode itu cukup kenal dengan sosok BJ Habibie yang pernah menerima kehadiran Syarfi untuk audensi bersama Pemuda Tarbiyah tahun 1983 di Jakarta.

“Saya kagum akan kerendahan hati beliau yang bersedia menerima kami audensi waktu itu. Bahkan beliau hadir dalam acara Munas Pemuda Tarbiyah seluruh Indonesia dan memberikan semangat dan motivasi. Dan yang luar biasanya, bapak BJ Habibie turut membantu biaya Munas kami,” kata Syarfi kepada ANTARA, Kamis (12/9) di gedung Nasional Sibolga.

Diungkapkan Syarfi, waktu itu ia tidak berani meminta dana kepada BJ Habibie, karena diterima saja audensi sudah senang rasanya, apalagi dipastikan bisa hadir untuk membuka Munas semakin senang rasanya. Namun beliau mengerti kondisi para pemuda, tanpa diminta, Ia langsung meneken cek untuk membantu kegiatan itu.

“Saya sempat bingung waktu itu, mau ditukar kemana cek yang dikasih bapak BJ Habibie, karena cek nya cek Bank Jerman. Lalu saya beranikan bertanya, apakah harus ditukar ke Jerman ceknya. Lalu dijawab pak BJ Habibie, kamu sangat polos adinda Syarfi, memang benar itu cek Bank Jerman, tetapi bisa ditukarkan di Jakarta. Saya tahu kalian itu anak-anak muda yang memiliki semangat tinggi berbuat untuk negeri ini. Ini bantuan dari ibu Ainun ya,” ungkap Syarfi mengenang kisah itu.

Karena penasaran dengan cek Bank Jerman itu lanjut Syarfi, Ia sengaja memfotocopy nya dan dilanimating untuk disimpan sebagai kenang-kenangan.

Ditanya hal apa yang dapat diteladani dari sosok mantan Menteri Ristek itu, menurut suami Delmeria Sikumbang itu, kedisiplinan waktu dan kebaikannya.

“Beliau cukup disiplin dengan waktu. Kalau dijanjikan ketemu pukul 10, harus tepat. Kalau sempat lewat maka tidak akan diterima lagi. Begitu juga jumlah tamu yang akan berkunjung harus sesuai dengan daftar, kurang atau lebih dari situ, tidak diterimanya. Dan yang terakhir beliau itu perhatian dan hafal dengan nama orang.  Untuk itulah saya atas nama keluarga dan Pemkot Sibolga mengucapkan turut berbelasungkawa atas kepergian tokoh bangsa, tokoh orang muda, bapak BJ Habibie. Semoga amal ibadahnya diterima Allah SWT, dan keluarga yang ditinggal Husnul khotimah,”ujar Syarfi.


 

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019