Perkembangan Universitas Sumatera Utara khususnya dalam hal penambahan tenaga Guru Besar atau Profesor di jajaran staf pengajar di berbagai fakultas terus menunjukkan peningkatan yang menggembirakan.

"Dengan pengukuhan yang dilakukan pada hari ini, maka jumlah Guru Besar Universitas Sumatera Utara (USU) sampai dengan 9 September 2019 berjumlah 182 orang Guru Besar," kata Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu SH dalam sambutannya pada pengukuhan tiga Guru Besar USU Prof Dr Arlina Nurbaity Lubis,SE,MBA, Prof Dr Eng Himsar Ambarita ST,MT, dan Prof Dr Ir Noverita Sprinse Vinolina,MP, di Medan, Selasa.

Ia menyebutkan, dari 182 jumlah Guru Besar itu, dengan perincian 138 Guru Besar yang berstatus PNS.Sedangkan Guru Besar Tidak Tetap Non-PNS berjumlah 44 orang. "Pada awal kepemimpinan kami di tahun 2016, jumlah Guru Besar USU masih 141 Guru Besar," ujar Runtung.

Ia mengatakan, jumlah tersebut meningkat pada tahun 2017 dengan pertambahan sebanyak 39 orang Guru Besar.Jumlah keseluruhan Guru Besar yang dimiliki USU pada tahun 2017 sebanyak 180 Guru Besar.
Jumlah tersebut menurun di tahun 2018 menjadi 171 Guru Besar akibat dari wafat dan pensiunnya beberapa orang Guru Besar.

Pada bulan yang akan datang ada dua Guru Besar lagi yang akan dikukuhkan, yakni Dr Kerista (Fakultas MIPA) dan Dr Ridha (Fakultas Kedokteran).

Para Guru Besar tersebut bersama para staf pengajar lainnya secara rutin melaksanakan tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi pada 15 fakultas dan satu Sekolah Pascasarjana di lingkungan USU.

Dengan jumlah Guru Besar yang terus mengalami peningkatan ini, menjadikan semakin optimistis bahwa peringkat USU akan terus meningkat secara signifikan dalam berbagai sistem perankingan perguruan tinggi, baik pada skala nasional maupun internasional.

"Marilah kita bersama-sama mendoakan agar para Guru Besar USU selalu dalam kondisi sehat walafiat, sehingga mampu mewariskan seluruh ilmu dan kemampuan yang dimilikinya, bagi para mahasiswa/i USU, juga memberikan kontribusi dan berkiprah bagi kemajuan USU," katanya.

Pada acara tersebut, dihadiri Wakil Rektor, Sekretaris Universitas, Pimpinan Lembaga dan Unit Kerja di lingkungan USU, dan undangan lainnya.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019