Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro  Kecil Menengah Pemkot Gunungsitoli, Sumatera Utara, merelokasi ratusan pedagang yang selama ini berdagang di Pasar Nou.

"Pedagang yang berjualan di Pasar Nou kita relokasi di komplek eks terminal Gunungsitoli karena lokasi Pasar Nou akan dibangun pasar modern," kata Kepala Dinas Perindagkop dan Umkm Kota Gunungsitoli Yurisman Telaumbanua, Senin.

Ia juga menyampaikan para pedagang yang direlokasi sudah harus menempati tempat relokasi dalam minggu ini.

Relokasi dilakukan secepatnya karena bangunan Pasar Nou akan dibongkar dan pembangunan pasar modern dimulai awal Januari 2020.

"Saat ini belum ada penolakan dari pedagang untuk direlokasi, sehingga hari ini kita melakukan pencabutan lot untuk menetapkan kios atau los yang ditempati masing masing pedagang," jelasnya.

Dia mengakui ada sejumlah pedagang yang mengeluh terkait fasilitas yang kurang memadai di lokasi yang telah disiapkan Pemko Gunungsitoli sebagai tempat relokasi.

"Keluhan pedagang kita tampung dan ke depan kita akan terus melakukan evaluasi untuk membenahi tempat relokasi sementara," katanya.

Baca juga: Jalan rusak di Gunungsitoli butuh perbaikan segera

Yurisman berharap para pedagang yang direlokasi telah mulai melakukan aktivitas berjualan di tempat relokasi dalam minggu ini dan menggunakan fasilitas yang ada untuk sementara waktu.

Menurut dia, kios atau los yang telah disiapkan Pemkot Gunungsitoli untuk relokasi para pedagang di komplek eks terminal Gunungsitoli berjumlah kurang lebih 180 unit.

Jika ke depan masih ada pedagang yang akan direlokasi di tempat yang sama, Pemkot Gunungsitoli akan membangun kios atau los tambahan.
 

Pewarta: Irwanto

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019