Subuh memiliki banyak keistimewaan. Karenanya Rasulullah SAW mewasiatkan umatnya agar melaksanakan sholat Subuh berjamaah di masjid.

Demikian antara lain dikatakan Ustadz H Andi Putra Lc di hadapan ratusan jamaah sholat Subuh Masjid Baitul Iman Lingkungan V Aekkanopan Timur, Minggu.

"Keistimewaan Subuh juga difirmankan Allah SWT dalam Al Qur'an," katanya seraya membacakan Surat Al Fajr Ayat 1-2 dalam kegiatan Safari Subuh Kecamatan Kualuhhulu yang dihadiri Camat H Samsul Tanjung ST MH itu.

Lebih lanjut, pimpinan Pesantren Tahfiz Azhar Center itu menyebutkan, malaikat yang bertugas mencatat amal manusia setiap harinya melaporkan catatannya kepada Allah SWT sebanyak dua kali, yaitu pada waktu Subuh dan Ashar.

Pada bagian lain, pria yang sebelumnya mengajar di Mandau Kandis Provinsi Riau tersebut juga menjelaskan amalan lain yang disukai Rasulullah Muhammad SAW yaitu berpuasa sunnah.

"Puasa sunnah ada yang mingguan dan ada juga yang bulanan. Selain itu ada hari-hari tertentu yang fadhilah puasanya besar," jelasnya. Untuk puasa mingguan yaitu Senin dan Kamis, sedang puasa bulanan pada tanggal 13, 14 dan 15 setiap bulan hijriyah.

Sedangkan hari-hari yang sangat dianjurkan puasa sunnah seperti Puasa 10 Muharram, dan sangat dianjurkan Puasa 10 Muharram itu diiringi puasa sehari sebelum atau sesudahnya. Selanjutnya adalah puasa Arafah pada bulan Zulhijjah yang kalau bisa dilaksanakan sejak 1 hingga 20 Zulhijjah.

Sebelumnya turut memberikan sambutan Camat Kualuhhulu H Samsul Tanjung ST MH dan Lurah Aekkanopan Timur Anshari Sinaga SSTP. Hadir dalam acara itu sejumlah lurah/kades dan tokoh agama, masyarakat, pemuda serta pengurus BKM Baitul Iman.

Banyaknya jamaah membuat masjid tersebut tak mampu menampung yang hadir. Sebagian jamaah sholat di tenda yang didirikan panitia di pelataran masjid tersebut.

Baca juga: Disdukcapil Labura targetkan 20 ribu KIA

 

Pewarta: Sukardi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019