Profil Perusahaan Umum Lembaga Kantor Berita Nasional (Perum LKBN) ANTARA diperkenalkan kepada para siswa peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 asal Sumatera Utara (Sumut), Rabu (14/8).

Dalam kesempatan tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Perum LKBN ANTARA Biro Sumatera Utara Riza Mulyadi.

Perum LKBN ANTARA merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang diberikan tugas oleh Pemerintah untuk melakukan peliputan dan penyebarluasan informasi yang cepat, akurat, dan penting, ke seluruh wilayah Indonesia dan dunia internasional.

Berdiri pada tanggal 13 Desember 1937, dengan para pendirinya empat orang yakni Soemanang, Adam Malik, AM  Sipahoetar, dan Pandoe Kartawigoena. 

Dua dari empat orang pendiri ANTARA adalah orang Sumatera Utara yakni Adam Malik dan AM Sipahoeter.

"Kantor berita ANTARA dibentuk untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia, dan yang berperan menyuarakan kemerdekaan Indonesia," kata Riza.

Para peserta siswa SMN 2019 asal Sumut yang mendapat penjelasan mengenai Perum LKBN ANTARA, begitu antusias dengan mengajukan berbagai pertanyaan mengenai awal berdirinya Perum LKBN ANTARA.

Siswa Mengenal Nusantara (SMN) merupakan program rutin yang digelar setiap tahun oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan untuk tahun 2019 di Sumut bertindak sebagai penyelenggara adalah PTPN IV selaku koordinator berserta, Perum Jasa Tirta I, dan PT. KIM.

Program SMN tahun ini dari Sumatera Utara sebanyak 35 siswa yang terpilih setelah melewati seleksi yang digelar dinas pendidikan setempat.

Baca juga: PTPN IV bekali siswa SMN kemampuan penulisan karya ilmiah

Baca juga: PTP IV edukasi peserta SMN dalam kerjasama tim

Baca juga: PT KIM motivasi siswa SMN lebih melek teknologi

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019