Seluruh rombongan jamaah calon haji (JCH) Kabupaten Tapanuli Selatan akan dilepas untuk diberangkatkan ke tanah suci Mekkah oleh Bupati daerah setempat Syahrul M.Pasaribu dari halaman Masjid Raya Sri Alam Dunia, Sipirok, Sabtu (3/8).

Demikian Kasi Haji dan Umroh Kemenag Tapanuli Selatan Makrup Siregar kepada ANTARA, Jumat (2/8). Dia mengatakan acara pemberangkatannya usai Shalat Ashar.

"Seluruh JCH akan melaksanakan Shalat Ashar bersama terlebih dahulu di Masjid Raya Sri Alam dunia," jelasnya.

Sementara Kabag Humas dan Protokol Tapanuli Selatan Isnut Siregar yang dihubungi di Sipirok mengatakan rombongan JCH tersebut akan dilepas dan diberangkatkan langsung Bupati Tapsel Syahrul M.Pasaribu.

"Kalau tidak ada alar melintang seluruh rombongan JCH menuju Asrama Haji Medan via darat melalui Tarutung akan dilepas atau diberangkatkan oleh pak Bupati," ucapnya.

Tercatat sebelumnya jumlah JCH Tapanuli Selatan sebanyak 211 orang tergabung dalam Kloter 22, hanya saja terancam gagal berangkat sebanyak tiga orang akibat dua orang disebabkan faktor kesehatan dan satu hamil, jadi tinggal berjumlah 208 orang (135 perempuan 73 laki-laki).

Kelompok terbang (Kloter) 22 ini gabungan JCH asal Tapanuli Selatan, tambah Kota Medan-Dhuyufurrahman (122 orang), dan perorangan (5 orang) dan bertolak ketanah suci Mekkah melalui Bandara Internasional Kuala Namu, Deli Serdang pada tanggal 05 Agustus 2019.  

Tercatat JCH tertua Tapanuli Selatan bernama Nurli Gultom binti Kosim Gultom berusia 92 tahun asal Kecamatan Marancar, dan termuda Latifah Hanum Harahap binti Baharuddin Harahap (17 tahun) asal Kecamatan Batang Toru.

Baca juga: Sakit dan hamil, tiga jamaah calon haji Tapsel terancam batal berangkat

Baca juga: Rancangan P-APBD 2019 Tapanuli Selatan disetujui menjadi Perda

Baca juga: Bupati Tapanuli Selatan kukuhkan Tim Saber Pungli

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019