Pemerintah Kabupaten Deliserdang mengapresiasi program kuliah kerja nyata mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Sumatera Utara (UMSU) yang tahun ini menjadikan sejumlah desa di Deliserdang sebagai lokasi praktik 3.331 mahasiswa perguruan tinggi tersebut.

Bupati Deliserdang Ashari Tambunan di Lubukpakam, Rabu, mengatakan pihaknya siap melepas 3.331 mahasiswa UMSU yang akan melakukan kegiatan KKN selama satu bulan di sejumlah desa di Deliserdang.

"Saya siap hadir di Kampus UMSU memenuhi undangan melepas mahasiswa UMSU yang akan melaksanakan KKN di wilayah Kabupaten Deliserdang," katanya.

Ia mengatakan Pemkab Deliserdang menyambut baik program KKN mahasiswa karena diharapkan akan memberikan dampak positif bagi masyarakat, apalagi UMSU merupakan universitas kebanggan Sumut dengan banyak catatan prestasi.

"Saya mengikuti perkembangan UMSU yang sangat luar biasa. Keberadaan mahasiswa UMSU di tengah-tengah masyarakat desa di Deliserdang tentunya akan menjadi motivasi untuk kemajuan," katanya.

Bagi Pemkab Deliserdang, keberadaan UMSU cukup terbukti, salah satunya dengan menjadikan rumah sakit daerah Deliserdang sebagai rumah sakit pendidikan.

"Saya senang kalau UMSU menjadikan wilayah Deliserdang sebagai lokasi KKN," katanya.

Baca juga: 3.331 mahasiswa UMSU ikuti KKN di Deliserdang

Dijelaskan dia, saat ini pemerintah daerah terus memacu program-program pembangunan untuk mewujudkan visi Kabupaten Deliserdang yang maju, sejahtera, religius dan rukun dalam kebhinekaan.

Dalam hal ini masyarakat Deliserdang sesungguhnya sangat terbuka untuk menerima masukan dan belajar demi kemajuan.

Berangkat dari keyakinan itu, kata dia, maka program KKN sangat relevan dengan visi Kabupaten Deliserdang.

Namun dia berharap UMSU tidak berhenti pada program KKN semata, tapi diharapkan untuk kerjasama bidang- bidang lain bisa diwujudkan.

"Saat ini Pemkab Deliserdang sedang membangun kawasan untuk program promosi produk unggulan daerah dan pengembangan industri kreatif. Saya kira UMSU bisa ikut terlibat dalam pengembangan kawasan promosi produk unggulan daerah terpadu tersebut," katanya.

Sebelumnya Rektor UMSU, Dr Agussani mengatakan program KKN itu akan diikuti 3.331 mahasiswa dan direncanakan dilepas pada 5 Agustus 2019 dengan sasaran 59 desa dari 7 kecamatan di Deliserdang.

"Yakni di Kecamatan Tanjung Morawa, Batang Kuis, Percut Sei Tuan, Beringin. Galang, Pantai labu, Pancur Batu. Jumlah peserta yg telah terdaftar 3.331 orang serta 120 dosen pendamping lapangan," katanya.
 

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019