Sebanyak 3.331 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) melaksanakan kuliah kerja nyata selama satu bulan di sejumlah desa di Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara.

Rektor UMSU Dr Agussani di Medan, Rabu, mengatakan program KKN direncanakan dilepas pada 5 Agustus 2019 dengan sasaran 59 desa dari 7 kecamatan di Deliserdang.

"Yakni di Kecamatan Tanjung Morawa, Batang Kuis, Percut Sei Tuan, Beringin. Galang, Pantai labu, Pancur Batu. Jumlah peserta yg telah terdaftar 3.331 orang serta 120 dosen pendamping lapangan," katanya.

Ia mengatakan KKN mahasiswa merupakan tuntutan kurikulum sesuai dengan program yang disusun Kemenristekdikti dan Kabupaten Deliserdang sendiri dipilih karena sangat representatif untuk lokasi KKN mahasiswa.

Baca juga: Pemkab Deliserdang apresiasi program KKN UMSU

"Kabupaten Deliserdang sangat cocok sebagai lokasi KKN karena cukup kondusif bagi mahasiswa untuk belajar dan menimba pengalaman dari masyarakat sekaligus menerapkan ilmu yang dipelajari di bangku kuliah," katanya.

Diharapkan melalui Bupati Deliserdang, para camat dan kepala desa bisa membantu kelancaran progran KKN mahasiswa.

"Kami berharap dukungan bupati agar para camat dan kepala desa yang wilayahnya menjadi lokasi KKN bisa ikut membantu kelancaran dan memberikan perhatian kepada mahasiswa," kata rektor.

Lebih lanjut, rektor mengungkapkan, pihaknya siap untuk bekerja sama lebih lanjut dengan Pemkab Deliserdang di berbagai bidang.

Selain program KKN, dosen UMSU sebelumnya juga telah membangun pembangkit listrik mikro hidro di Dusun Bintang Asih Desa Rumah Sumbul, Tigajuhar dengan biaya yang ditanggung Dikti.

"Terkait dengan program promosi produk unggulan daerah Deliserdang dan pengembangan UMKM, UMSU juga memiliki tim yang siap membantu program tersebut," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019