TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) bukan saja melaksanakan kegiatan fisik namun juga melaksanakan kegiatan non fisik, baik tentang pertanian maupun perikanan dan lain sebagainya.

Seperti yang dilakukan oleh Satgas TMMD ke 105 Kodim 0212/TS TA 2019, Kamis, dimana dalam kegiatan TMMD tersebut mereka melaksanakan sosialisasi tentang Bios 44 kepada masyarakat  di Desa Hutaraja Lamo dan Desa Mondang Kecamatan Sosa Kabupaten Palas.

Dalam kesempatan tersebut prajurit TNI dari Kodim 0304/Agam Kpt Inf Chairul M yang merupakan Pasiter di Kodim 0304/Agam sebagai narasumber memperkenalkan kepada masyarakat apa itu Bios 44 kepada masyarakat Desa Hutaraja Lamo, Kecamatan Sosa, Kabupaten Padang Lawas.

"Bios 44 merupakan temuan prajurit TNI yang sudah mempunyai hak paten dari Kemenkum HAM, dimana cairan ini selain dapat mencegah kebakaran lahan gambut juga digunakan untuk mengurai tanah tandus menjadi subur, selain itu juga dapat dipergunakan untuk perikanan,” ujar Chairul M.

Lebih lanjut disampaikannya bahwa Bios 44 ini merupakan perpaduan beberapa mikroorganisme yang disatukan, pada awalnya berfungsi untuk memperkecil hingga menutupi rongga-rongga yang ada padalahan gambut dalam tempo tertentu. 

Cairan tersebut membuat lahan gambut tidak akan mudah terbakar. Setelah itu dikembangkan selanjutnya dapat digunakan untuk mengurai tanah tandus menjadi subur. Sekarang temuan prajurit itu bisa digunakan untuk pengembangan budi daya perikanan dan penyubur tanah.

Usai dilaksanakannya sosialisasi para narasumber dan peserta langsung menuju lapangan untuk melakukan peraktek pengginaan Bios 44 tersebut, sehingga dengan begitu masyarakat mengetahui dan mengerti bagaimana tata cara menggunakan Bios 44 tersebut.

Hadir dalam sosialisasi Bios 44 tersebut, Kadis Perikanan dan Peternakan Kabupaten Palas, Kadis Pertanian Palas, Kades Hutaraja Lamo dan Mondang, Sekcam se Kecamatan Sosa, Pasi Ter Kodim 0212/TS, Masyarakat Desa Hutaraja Lamo, Siswa SMK Jurusan Pertanian dan Tokoh Masyarakat dan Tokoh Masyarakat dari Desa Hutaraja Lamo dan Mondang.


 

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019