Dari tahun ke tahun animo masyarakat untuk melanjutkan pendidikan ke Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Medan terus meningkat.

"Peningkatannya mencapai 50 persen," ujar Direktur Polbangtan Medan Ir Yuliana Kansrini MSi kepada ANTARA, Selasa (16/7).

Tahun 2018 lalu pendaftar sebanyak 1.200 orang dan naik mencapai 50 persen menjadi 1.775 orang pendaftar di tahun 2019.

Dari total 1.775 peserta sekarang tinggal 1.225 orang setelah dinyatakan lolos administrasi, dan dari seluruh jumlah calon mahasiswa baru ini diterima sebanyak 210 orang.

"Calon mahasiswa dapat di terima setelah lulus mulai administrasi, ujian tertulis sistem  computerized assisted test (CAT), wawancara, dan terakhir kesehatan," katanya.

Test CAT dan wawancara mulai 15 hingga 17 Juli 2019 di berbagai lokasi. Tes CAT Polbangtan Medan memanfaatkan Kantor Regional VI BKN Medan, Kampus Polbangtan Medan, di Padangsidempuan, BKD Bener Meriah, Aceh, BKN Kantor Regional XII dan Balai Latihan Penyuluh Pertanian (BLPP) Pekanbaru, Riau.

Menurut Yuliana, sistem penerimaan mahasiswa baru Polbangtan mengalami perubahan signifikan demi menyempurnakan sistem seleksi agar hasilnya lebih kredibel, berkeadilan, transparan, efisien, dan akuntabel.

"Sebelumnya ujian tulisnya berbasis lembar jawaban yang kemudian diperiksa secara komputerisasi mulai tahun 2019 ini di ubah ke sistem computer assisted test (CAT)," jelasnya.

Dikatakan ada tiga jalur untuk dapat belajar di Polbangtan pertama jalur umum, kemudian jalur undangan dan ketiga jalur POSKM (Prestasi, Olahraga, Seni, Keilmuan dan Minat).
 

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019