Kelompok terbang (Kloter) pertama jamaah calon haji (Calhaj) yang berasal dari Kota Medan, Langkat dan Tebing Tinggi, tiba di Asrama Haji Embarkasi Medan, Sumatera Utara, Kamis (11/7).

Tercatat jumlah jamaah calhaj pada kloter pertama ini sebanyak 388 orang, ditambah dengan lima petugas.

Setibanya di Asrama Haji Embarkasi Medan, para jamaah langsung diarahkan menuju ke gedung Jabal Nur Asrama Haji Embarkasi Medan, untuk dilakukan berbagai proses. Mulai dari proses penerimaan barang, dan pemeriksaan kesehatan.

"Para jamaah calon haji ini akan diperiksa kesehatannya oleh dokter dan tim kesehatan dari kantor kesehatan pelabuhan (KKP)," kata Kasubbag Humas Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatera Utara H Abdul Azim, di sela acara tersebut.

Ia menambahkan, masing-masing jamaah calhaj diberikan dua gelang, yakni satu untuk tanda jamaah sedang yang satunya lagi untuk tanda kesehatan.

"Gelang ini yang akan diberikan oleh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Medan," ujarnya

Usai melewati berbagai proses tersebut, katanya, jamaah dipersilakan untuk beristirahat di Gedung Madinah Al-Munawaroh Asrama Haji Embarkasi Medan.

"Kemudian nanti malam akan ada pembekalan dan pembinaan serta oembagian dokumen seperti paspor dan visa para jamaah calon haji," ujarnya

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019