Kontingen Kota Binjai tampil sebagai juara umum cabang olahraga atletik, di Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Utara (Porprovsu) 2019, yang berakhir di lintasan atletik Universitas Negeri Medan, Jumat (28/6).

Binjai tampil sebagai juara umum dengan mengemas 8 medali emas, 6 perak, 5 perunggu. Pada hari terakhir, Binjai mampu menambah 2 emas, 3 perak, dan 1 perunggu. 

Dua emas disumbangkan melalui Fatimah Zahra di nomor 100 meter gawang putri dengan waktu tercepat 15,73 detik. Kemudian emas kedua dipersembahkan M Khairuddin Syahputra melalui nomor 110 meter gawang putra dengan catatan tercepat 14,65 detik.

Torehan ini sekaligus mematahkan dominasi Kabupaten Karo di Cabor atletik yang merupakan juara umum pada Porprovsu 2014 silam.

Ketua Pengkot PASI Binjai Budi Anshari Nasution, mengapresiasi keberhasilan kontingen menyabet juara umum, mengingat pada Porprovsu tahun ini kontingen Binjai hanya ditargetkan minimal meraih 5 hingga 6 emas saja. 

Menurut Budi, kemenangan ini berkat kerja keras para atlet dan official yang melakukan persiapan matang di daerah.

"Kita pada Porprovsu tahun ini dengan keterbatasan yang ada tetap bisa meraih hasil maksimal yakni juara umum. Ini tentu berkat kerja keras semua, baik atlet, pelatih, dan pengurus cabang PASI Binjai. Semoga ke depan kita bisa meraih hasil lebih baik lagi," ucap Budi.

Tidak hanya itu, pihaknya juga telah mempersiapkan bonus kepada para peraih medali di Porprovsu 2019. 

Bonus ini sebagai bentuk apresiasi sekaligus motivasi tambahan agar atlet bisa meraih hasil lebih baik di event - event lebih tinggi. 

"Saya selaku ketua PASI Binjai sudah siapkan bonus bagi Peraih medali. Peraih emas kita kucurkan bonus Rp 1 juta. Kemudian perak Rp 500 ribu dan perunggu Rp 300 ribu," ujarnya.

Budi pun berharap dengan prestasi membanggakan ini pemerintah Kota Binjai bisa memberikan dorongan dalam rangka pembinaan atlet, terutama dukungan untuk terealisasinya bantuan  Tartan lintasan atletik, demi maksimalnya latihan para atlet. 

Baca juga: Medan sabet perak sepak bola Porprov Sumut

Baca juga: Pemkab Karo siapkan bonus atlet berprestasi di Porprov Sumut

Baca juga: Kota Medan juara umum tinju Porprov Sumut 2019

"Kita berupaya mengharapkan bantuan Tartan lintasan atletik kepada pemerintah. Ini juga dalam upaya PASI Binjai untuk kembali menjaring atlet potensial demi mewujudkan Binjai sebagai kota atletik," harap pria yang juga pemimpin Bank Sumut cabang Binjai ini.

Pewarta: Juraidi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019