Pisang Kepok Keling merupakan Varietas lokal asli Kota Tebing Tinggi dan menjadi salah satu komoditas andalan kota itu disamping komoditas lainnya

Demikian disampaikan Wali Kota Tebing Tinggi H.Umar Zunaidi Hasibuan saat melihat stand Tebing Tinggi Agri Market (TAM) ke 6, Kamis di Lapangan Merdeka Tebing Tinggi.

Ia mengatakan kondisi lahan yang sangat terbatas tidak mengurangi para petani Kota Tebing Tinggi bersama-sama dengan Pemerintah Kota untuk melakukan inovasi dan salah satunya Pisang Kepok Keling Tebing Tinggi

"Ini merupakan satu langkah untuk mewujudkan visi dan misi Kota Tebing Tinggi sebagai kota jasa dan perdagangan," katanya.

Sementara itu Kepala Pusat Perlindungan Tanaman dan Perizinan Pertanian Kementan RI Erizal Jamal menyampaikan saat ada 1.417 varietas lokal yang terdaftar di seluruh Inonesia.

Untuk Sumatera Utara yang sudah ada tanda terdaftar sebanyak 56 vaietas lokal dan Pisang Kepok Keling yang merupakan varietas asli Kota Tebing Tinggi dan merupakan tanda daftar terbaru dari Sumut.

Terdaftarnya varietas lokal pisang itu memperlihatkan betap seriusnya Pemerintah Kota Tebing Tinggi mendukung program Kementerian Pertanian tentag pengembangan varietas lokal

"Kami Kementerian Pertanian RI tentunya siap untuk memberikan bantuan bagi pengembangan varietas lokal dari daerah-daerah di Sumatera Utara dan berharap terus dikembangkan," katanya.

 

Pewarta: Dhani Elison

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019