Gubernur Sumatera Utara H.Edy Rahmayadi mengatakan pihaknya berencana mengusulkan pemindahan Asrama Haji Medan yang berlokasi di Jalan Jenderal Besar A.H. Nasution, Pangkalan Masyhur, Kecamatan Medan Johor, Kota Medan, ke lokasi yang baru di daerah Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang.

"Hal itu dilakukan agar lebih memudahkan bagi para calon jemaah haji dari Sumatera Utara yang akan menjalankan ibadah haji ke Tanah Suci Mekkah," kata Edy, usai melantik Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Medan Tahun 2019, di Asrama Haji Medan, Selasa.

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, menurut dia, juga telah menyediakan lahan seluas 50 hektare untuk pembangunan Asrama Haji Medan yang baru.

"Lokasi bangunan Asrama Haji Medan yang baru itu, tidak berapa jauh dari Bandara Kaualanamu yang berada di Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara (Sumut)," ujar Edy.

Ia menyebutkan, di lahan yang baru itu, nantinya juga dapat dibangun Islamic Center dan Museum Al Qur'an, sehingga dapat menunjukkan suasana yang religius.

Selain itu, di lokasi tersebut, saat seperti berada di Kota Mekkah.

"Pembangunan Asrama Haji Medan yang baru itu, akan dilakukan pada tahun 2020," ucap dia.

Edy menjelaskan, Asrama Haji Medan yang sekarang dibangun di lokasi tersebut, karena dekat dengan Bandara Polonia.

Namun Bandara Polonia tersebut, sudah dipindahkan ke Kualanamu di Kabupaten Deli Serdang.

"Dari Asrama Haji Medan ke Bandara Udara Internasional Kualanamu sangat jauh, dan memakan waktu yang cukup lama," kata mantan Pangdam I/Bukit Barisan itu.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019