Pemerintah Provinsi Sumatera Utara meminta daerah tidak melakukan mutasi atlet dengan mengambil atlet dari daerah lain demi mencapai prestasi dalam suatu kejuaraan atau kompetisi.

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi saat membuka Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Utara di Medan, Sabtu, yang diwakili Kadispora Baharuddin Siagian mengatakan pihaknya sangat mengharapkan daerah tidak menghalalkan segala cara untuk juara, termasuk memutasi atlet yang selama ini menjadi preseden buruk. 

Fenomena mutasi atlet besar-besaran demi berburu medali yang senantiasa terulang pada setiap edisi pekan olahraga baik itu PON maupun Porprov harus dihentikan dengan perubahan paradigma. 

Untuk itu, Porprov Sumut harus dijadikan kompetisi yang mengandalkan potensi-potensi riil atlet setiap kabupaten kota di Sumatera Utara.

"Lebih baik apa adanya, kalau memang tidak bagus mau apa lagi.  Misalnya demi juara Porprov Sumut mengambil atlet dari daerah lain.Itu harus ditinggalkan," katanya.

Dalam kesempatan itu ia juga menyampaikan, Porprov Sumut diharapkan dapat menjadi tolak ukur pembinaan atlet di Sumatera Utara.

Porprov adalah suatu program multi even empat tahunan yang dilaksanakan dalam mempersiapkan atlet Sumut mengikuti Pra PON dan PON, tujuannya untuk meningkatkan prestasi atlet agar lebih berprestasi daripada Porprov dan PON sebelumnya. 

"Kami harapkan tidak lagi menjadi agenda rutinitas semata. Even ini harus menjadi titik lanjut pembinaan olahraga Sumut yang harus dilaksanakan secara konsisten," katanya.

Sementara Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis memberikan motivasi kepada atlet agar bertanding semaksimal mungkin untuk mengharumkan nama daerah nya masing-masing. 

"Kepada seluruh peserta kami sampaikan selamat bertanding.Kami harapkan para atlet nantinya bisa menembus ke PON. Nantinya Gubernur Sumut berjanji akan berkeliling ke venue-venue untuk memantau prestasi atlet. Terima kasih kepada kabupaten/kota yang sudah membiayai atletnya bertanding di ajang ini," katanya.

Baca juga: Pembukaan Porprovsu, Kontingen Tanjungbalai kenakan "Batik Kito"

Baca juga: KONI Sumut: Porprov bukan sekedar ajang rutinitas

Baca juga: Kota Medan siap pertahankan juara umum Porprov 2019

Pewarta: Juraidi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019