Pemerintah Kota Tebing Tinggi melalui Dinas Perhubungan bekerjasama dengan Polres dan BNNK Tebing Tinggi melakukan pemeriksaan bagi awak (supir) bus angkutan umum mudik lebaran Kamis (24/5) di terminal Bandar Kajum Tebing Tinggi.

Kepada para awak bus angkutan umum yang datang dari arah Medan dengan tujuan berbagai Kota di Sumut dan sebaliknya  tujuan Medan dilakukan pemeriksaan Kesehatan oleh para petugas dari Dinas Kesehatan Tebing Tinggi

Pemeriksaan dilakukan secara lengkap diantara pemeriksaan tekanan darah,sampai pada tes urine untuk narkotika, sekaligus pemberian vitamin kepada pengemudi.

Baca juga: Pemkot Tebing Tinggi gelar operasi pasar jelang Lebaran

Wali Kota Tebing Tinggi H.Umar Zunaidi Hasibuan bersama Kadis Perhubungan Safrin Efenddi Harahap,Kasat Lantas AKP.Enda Tarigan, Kadiskes dr.H.Nanang Fitra Aulia serta Ka BNNK Bambang Rudianto meninjau langsung dilapangan melihat pemeriksaan para awak bus.

Dalam kesempatan tersebut Wali Kota menyampaikan dari hasil pemeriksaan yang dilakukan sejak pagi hari sampai siang dari puluhan supir yang diperiksa kesehatan alhamdulillah tidak ada yang terindikasi pemakai narkotika.

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan yang ditemui dari para supir ini, kebanyakan tekanan darahnya rata-rata tinggi, ini penyebabnya faktor kelelahan yang dialami, ada pula yang dibawah normal, katanya karena ngejar trip belum sarapan.

Kepada mereka kita berikan obat-obatan dan vitamin secara gratis, dan mudah-mudahan ini dapat membantu mereka lebih fit dan normal, mereka juga kan melayani masyarakat, namun faktor keamanan tetap harus menjadi nomor satu, kata Wali Kota.

Wali Kota berharap kepada penumpang bus umum jangan memaksakan diri untuk menumpang bus yang sudah pada apalagi melebihi kapasitas, tidak usah membawa beban yang berlebihan, tunggu saja bus masih muat penumpang.

Kepada awak bus diharapkan tidak membawa kenderaan dalam keadaan ngebut-ngebut dijalan karena berupaya mengejar setoran, periksa kenderaan sebelum berangkat agar layik jalan, jangan paksakan diri jika memang kurang sehat.

Sementara itu Kadis Perhubungan Syafrin Effenddi mengatakan untuk memberikan kesempatan bagi para pengemudi untuk beristirahat sejenak, kita menyiapkan lapangan semacam rest area semenntara dibagian depan terminal bandar kajum.

Lokasi tersebut bisa dimanfaatkan pengendera untuk beritirahat sejenak, karena dari lokasi yang disiapkan hanya sekitar 300 meter sudah memasuki gerbang tol Tebing Tinggi - Medan - Belawan - Binjei. 
 

Pewarta: Dhani Elison

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019