Sore hari, menjelang waktu berbuka puasa pada setiap Bulan Ramadhan menjadi hari yang istimewa. Bukan saja bagi umat Muslim yang menunaikan ibadah rukun Islam ke tiga, juga kalangan masyarakat lainnya.

Pada umumnya, bersama sanak keluarga, berkumpul di lokasi santai yang nyaman, seperti alun-alun, atau lapangan menunggu sampai waktu berbuka sebelum azan Magrib berkumandang.

Di sela waktu itu atau memang untuk tujuan khusus, sebagian besar "berburu" makanan minuman di hampir merata wilayah Kota Pematangsiantar, terutama di permukiman kawasan Muslim.

Pantauan, Rabu (8/5), ratusan lapak berjualan tersebar di Kelurahan Simarito, Timbang Galung, Sigulang-gulang, Sipinggol-pinggol, Baru, Nagapita, Tambun Nabolon, Banjar, Bantan, Melayu, Proklamasi, Dwikora, Pardomuan.

Berbagai jenis kue dan makanan ringan lainnya, serta lauk pauk dalam jumlah kecil maupun besar sesuai dengan tempat berjualan, secara pribadi atau kelompok.

"Beli bukaan sekalian jalan-jalan, biar anak-anak senang dan termotivasi untuk terus puasa," kata Rahmat (50), warga Kelurahan Bantan, Kecamatan Siantar Barat.

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019