Sekretaris Daerah Kota Binjai Mahfullah Pratama Daulay menyampaikan otonomi daerah dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan serta partisipatif aktif masyarakat.

Hal itu disampaikannya saat menjadi pimpinan dalam apel peringatan Hari Otonomi Daerah ke 23 Tahun 2019 di Binjai, Senin, dengan tema "Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia Yang Lebih Baik Melalui Penyelenggara Otonomi Daerah Yang Kreatif dan Inovatif".

Dimana tema ini merefleksikan eksistensi dan ekspektasi masyarakat kepada pemerintah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia untuk memberdayakan otonomi daerah dalam mewujudkan kemandirian, kemajuan dan kesejahteraan daerah, katanya. 

"Pelaksanaan otonomi daerah adalah terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui  peningkatan pelayanan, serta partisipasi aktif masyarakat, disamping itu diharapkan daerah mampu meningkatkan daya saing dengan memperhatikan prinsip demokrasi, pemerataan, keadilan, keistimewaan, kekhususan serta potensi daerah," sambungnya. 

Dalam penyelenggaraan otonomi daerah tidak dapat menganggap bahwa masyarakat itu hanyalah semata-mata sebagai "konsumen" pelayanan publik, tetapi dituntut adanya kemampuan untuk memperlakukan masyarakat sebagai "Citizen" termasuk bagaimana meningkatkan kualitas SDM nya. 

"Untuk itu, semua ASN di daerah harus memberikan kualitas pelayanan publik yang lebih baik. Pemerintah harus dapat beradaptasi dengan kepentingan masyarakat, dimana masyarakat semakin menyadari akan hak dan kewajibannya dalam mendapatkan pelayanan", ujarnya. 

"Perkembangan pelaksanaan otonomi daerah yang cukup signifikan telah kita rasakan, namun masih perlu adanya perbaikan dan penyempurnaan, untuk itu upaya penataan penyelenggara otonomi daerah secara komprehensif perlu terus kita lakukan, salah satunya dengan memberikan arahan dan pedoman regulasi bagi daerah," lanjutnya. 
 

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019