BPTP Balitbangtan Sumatera Utara kembali melakukan panen bersama kegiatan Denfarm Jajar Legowo dan VUB Padi Sawah di Desa Huta Padang Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padansidimpuan bersama Dinas Pertanian Pemkot Padangsidimpuan.

"Kegiatan ini bekerjasama dengan Dinas Pertanian Daerah Kota Padangsidimpuan  bersama Kelompok Tani Makmur," ucap Kepala BPTP Sumut Dr. Khadijah EL Ramija, Kamis.

Ada 2 Varietas Unggul Baru yang diterapkan yaitu Inpari 32 dan Inpari 42 dengan kelas SS dan FS. Benih ini difasilitasi oleh BPTP Balitbangtan Sumatera Utara mendukung UPSUS Pajale sebanyak 250 kg, luasan denfarm 10 ha. 

Penampilan kedua varietas ini sangat baik dengan rata-rata anakan produktif sebanyak 26 per rumpun.  

Kepala BPTP Sumut Dr. Khadijah EL Ramija, juga menyampaikan bahwa salah satu faktor pengungkit peningkatan produktivitas padi sawah adalah penggunaan VUB bersertifikat, dan salah satu tupoksi BPTP adalah menyebarkan VUB ke petani dan salah satunya yang dilakukan hari ini.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Pertanian Kota  Padangsidimpuan yang diwakili Kabid Tanaman Pangan Bambang S. menyampaikan terima kasih buat BPTP Balitbangtan Sumatera Utara dimana pertama kalinya ada pertamanan jajara legowo seluas 10 ha dalam satu hamparan di Kota Padangsidimpuan, sekaligus membantu pembinaan petani dalam melaksanakan teknologi jajar legowo sekaligus mengobati rasa sakit petani karena pada beberapa musim tanam sebelumnya mengalami kegagalan panen mengunakan varietas cireng.  

Disamping itu kegiatan ini sekaligus sebagai inisiasi pembinaan penangkaran benih. Hasil ubinan diperoleh produksi Inpari 42 sebesar 9,3 ton per ha, sangat meningkat dibandingkan dengan rata-rata provitas selama ini yang masih 6-7 ton per ha. Sudah didaftarkan ke BPSB sehingga hasilnya nanti akan di prosesing jadi Benih sehingga di pertanaman berikutnya audah tersedia benih. 

Tingginya hasil ini disamping penggunaan VUB bersertifikat juga karena menerapkan sistim tanam legowo 2:1 dan pemupukan berimbang menggunakan rekomendasi PUTS.

Turut hadir dalam kegiatan panen ini jajaran Dinas Pertanian daerah Kota Padangsidimpuan, seluruh penyuluh Kecamatan Padansidimpuan Tenggara, Babinsa, Kelompok Tani dan Petugas Statistik.

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019