Pemkab Labuhanbatu Utara melaksanakan Sosialisasi/Penguatan Desa Layak Anak (Delana) di Grans Hotel Labura Aekkanopan, Rabu. Kegiatan tersebut diikuti para kepala yang ada di tanah Basimpul Kuat Babontuk Elok itu.

Kegiatan yang dihadiri camat, kepala desa/lurah se-Labura itu dibuka Staf Ahli Bupati Marwansyah SH. Mantan Camat Aekkuo dan Kepala Badan Kepwgawaian Daerah (BKD) Labura itu membacakan sambutan tertulis Bupati H Kharuddin Syah SE.
Bupati Labura diwakili Staf Ahli Marwansyah SH, Kadis PPPA Sumut Hj Nurlela SH MAP, Kadis PPPA Labura Dra Hj Nursaadah, Sekretaris DPPPA Dedi Aksaris MPd dan Kabid Pemenuhan Hak Anak Diana Sinaga foto bareng usai pembukaan Sosialisasi/Penguatan Delana di Grans Hotel Labura Aekkanopan, Rabu. (Antara Sumut/Sukardi)


Dalam arahannya, bupati antara lain memerintahkan agar camat, kades/lurah berpartisipasi sesuai tuga dan fungsinya dalam rangka menjadikan Delana. Dengan demikian maka apa yang menjadi hak anak dapat dilaksanakan.

Dicontohkannya, untuk ibu yang sedang hamil diharapkan agar aktif ke posyandu sehingga janin yang dikandungnya dapat menerima asupan gizi dengan baik. Selanjutnya adalah dengan memberikan pendidikan hingga perguruan tinggi.

Ketua Panitia Pelaksana Diana Hotmauli Sinaga dalam laporannya antara lain mengatakan, tujuan kegiatan tersebut adalah untuk menyosialisasikan atau penguatan demi tercapainya Desa Layak Anak di kabupaten itu.

Melalui kegiatan itu, diharapkan para kepala desa/lurah dapat mengetahui tentang hak anak. "Pesertanya adalah OPD, camat, kades dan lurah," sebut Kabid Pemenuhan Hak Anak Dinas PPPA Labura tersebut.

Hadir dalam acara yang menghadirkan narasumber Hj Nurlela SH MAP yang merupakan Kepala Dinas PPPA Sumut. Pembukaan itu juga dihadiri Kadis PPPA Labura Dra Hj Nursaadah MM dan Sekretaris DPPPA Dedy Aksaris SPd MPd.

Pewarta: Sukardi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019