Sekretaris Daerah Kabupaten Langkat, Sumatera Utara Indra Salahuddin menyampaikan gelaran wayang kulit yang dilakukan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk lebih memahami lembaga jasa keuangan itu.

Hal itu disampaikan Indra Salahudin di Stabat, Minggu ketika menghadiri acara sosialisasi edukasi keuangan yang bersifat masif dengan pendekatan budaya, yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 5 Sumatera Bagian Utara di Alun–alun Tengku Amir Hamzah Stabat.

"Terimaksih kepada OJK, atas pelaksanaan kegiatan ini, sebagai upaya dalam mengajak masyarakat, untuk lebih memahami lembaga jasa keuangan, yang belakangan ini, banyak bermunculan,” katanya.

Melalui kegiatan budaya ini, memberikan pencerahan kepada masyarakat Langkat, akan peran dan fungsi OJK, sebagai sebuah lembaga negara, yang berperan dalam sistem pengaturan dan pengawasan industri jasa keuangan.

Seperti perbankan, pasar modal, asuransi dana pensiun dan lain sebagainya, yang menyangkut jasa keuangan, katanya.

Kepada masyarakat, diharapkan dapat lebih memahami hal tersebut, agar terhindar dari penipuan para oknum, yang bermain dalam industri jasa keuangan, guna mengaut keuntungan pribadi dan kelompok.

"Mari sama-sama kita berharap, agar di Langkat seluruh industri jasa keuangan, benar-benar memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat maupun daerah. Serta kita juga berharap OJK terus memainkan perannya dengan memberikan informasi yang seluas-luasnya untuk masyarakat, terkait jasa keuangan," ujarnya.

Kepala Departemen Literasi dan Inklusi Keuangan OJK Sondang Martha Samosir menyampaikan OJK didirikan  22 November 2011, dengan dasar hukum UU No 21/2011, sebagai lembaga yang berwenang dalam mengatur, mengawasi dan melindungi konsumen.

Adapun yang diawasi OJK adalah industri dalam tiga pilar, yaitu perbangkan yang produknya adalah tabungan, deposito dan kartu kredit, pasar modal dengan produk saham, obligasi dan reksadana, LKMD dengan produk pegadaian, asuransi, dana pensiun dan perusahaan pembiayaan.

"Terima kasih Pemkab Langkat dan pihak terkait, yang telah mendukung kegiatan ini hingga terlaksana dengan meriah, serta kepada masyarakat yang telah turut hadir untuk memeriahkan acara ini," katanya.
 

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019