Puluhan warga Dusun VI Tegallegok Desa Gunungmelayu, Kecamatan Kualuhselatan, Labuhanbatu Utara keracunan makanan, Selasa (26/2).

Puluhan warga dari beragam usia tersebut harus mendapatkan perawatan di Puskesmas Guntingsaga dan RSUD Aekkanopan.

Kades Gunungmelayu H Saiful Anwar Tanjung yang menjenguk warganya di puskesmas tersebut menyebutkan, puluhan warganya keracunan setelah mengonsumsi mie yang dibagikan warga yang akan melaksanakan wirid.
 
Kepala Puskesmas Guntingsaga dr Hj Tunia Raudah MKes saat melihat kondisi ibu hamil yang turut keracunan mie ketika mendapatkan perawatan di Puskesmas Guntingsaga, Selasa. (Antara Sumut/Sukardi)


"Yang kami data ada sekitar 63 orang. Tiga diantaranya sudah dirujuk ke RSUD Aekkanopan karena kondisinya lebih parah," kata Saiful Anwar terkait kejadian yang menimpa puluhan warganya.

Sementara Kepala Puskesmas Guntingsaga dr Hj Tunisa Raudah, MKes menyebutkan, warga yang dirawat di puskesmasnya sebanyak 43 orang.

"Sebagian diinfus, sebagian lagi hanya diberi obat," ujarnya seraya menambahkan ada juga warga yang telah dirujuk ke RSUD Aekkanopan. 

Disinggung tentang penanganan yang dilakukan, Tunisa menyebutkan saat itu sudah ada enam dokter dan paramedis yang siaga dan membantu.

"Kita tadi memang ada meminta bantuan oksigen," jelasnya.

Pantauan di lokasi, sebagian besar korban terpaksa dirawat di lantai bawah puskesmas yang berlantai dua itu. Untuk tempat infus, petugas memanfaatkan tali plastik untuk menggantungkannya.

Sementara sebagian lainnya dirawat di ruang ICU dan ruangan yang kosong lainnya.

Salah satu korban adalah wanita yang sedang hamil. Ia terlihat ditemani suaminya. Sebagian korban adalah orang dewasa.

Pewarta: Sukardi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019