Taput (Antaranews Sumut) - Kepala Badan pertimbangan jabatan dan kepangkatan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara, Edward Ramses Tampubolon, mengungkapkan, saat ini pihaknya menunggu persetujuan Komisi Aparatur Sipil Negara atas hasil seleksi terhadap delapan orang aparatur sipil negara di lingkungan pemerintahan yang telah mengikuti seleksi pengisian tiga kursi kepala dinas, yang saat ini masih lowong.

"Delapan ASN telah mengikuti seleksi untuk mengisi tiga kursi kepala dinas yang lowong," ungkap Edward, yang juga merupakan pejabat Sekretaris Daerah Pemkab Taput, Jumat (22/2).

Kedelapan ASN tersebut, yakni, Marusaha Nababan yang saat ini merupakan pelaksana tugas Kadis Pendidikan, Sekretaris Dinas Pariwisata Benny Simanjuntak, Wakil Direktur RSU Tarutung Sudirman Manurung, Kabag Hukum Alboin Butarbutar, Kabag Tata pemerintahan Bontor Hutasoit, Sekretaris Kaban PMD Donny Simamora, mantan Kadis Kehutanan Alboin Siregar, serta Sekretaris Komisi Pemilihan Umum Taput Luhut Aritonang.

Dikatakan, pertarungan kedelapan ASN tersebut melalui seleksi yang telah digelar adalah untuk mengisi 
jabatan eselon II setingkat kepala dinas yang memimpin organisasi perangkat daerah.

"Ketiga kursi pimpinan OPD yang akan diisi yakni, kepala dinas pendidikan, kepala badan pemberdayaan masyarakat desa, dan kepala dinas pengendalian penduduk dan keluarga berencana," sebutnya.

Edward menjelaskan, belum lama ini, proses seleksi terhadap kedelapan orang kandidat itu telah dilakukan dalam beberapa tahapan.

"Saat ini, tinggal menunggu persetujuan KASN, sebab seluruh proses seleksi terhadap kedelapan orang kandidat tersebut sudah selesai dan rampung," jelasnya. 

Menurutnya, nama-nama kandidat pejabat yang menjadi hasil seleksi tersebut sedang ditindaklanjuti dengan penyampaian laporan untuk mendapatkan persetujuan KASN.

"Nama-nama hasil seleksi sudah kita laporkan, dan disampaikan ke KASN untuk mendapat persetujuan," katanya.

Nantinya, setelah mendapat persetujuan dari KASN, proses selnjutnya yang akan dilakukan adalah menyampaikan nama-nama dimaksud kepada Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan.

"Selanjutnya, nama-nama tersebut akan disampaikan kepada bupati yang akan menentukan dan menerbitkan surat keputusan. Sebab kita hanya melaksanakan seleksi saja," katanya.

Untuk itu, pihaknya berharap agar KASN segera menurunkan hasil persetujuan nama-nama hasil seleksi, yang sebelumnya telah disampaikan.

"Harapan kesegeraan ini dimaksudkan agar nama-nama yang terpilih nantinya bisa secepatnya dilakukan pelantikan demi suksesi pelaksanaan program APBD Taput 2019," ujarnya.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019