Langkat (Antaranews Sumut) - Salah satu dari berbagai ritual yang dilaksanakan oleh para warga yang datang ke Vihara Aval Okitesvera dalam rangka perayaan Imlek 2570 di Kelurahan Kwala Bingei Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, adalah dengan melepas burung. 

"Kami melepaskan burung usai melaksanakan sembahyang," kata Acin, warga Jalan Perniagaan Stabat, di Stabat, Selasa, saat berada di viahara tersebut.

Dirinya bersama istri dan dua anak perempuannya datang ke vihara melaksanakan sembahyang dengan membakar hio di tempat yang sudah disediakan. Setelah itu kedua anak perempuannya melepas puluhan ekor burung ke udara.

Berbagai jenis burung dilepas diantaranya perkutut, balam, kacrit, anyar, cerocok, dan pipit.

Selain melepaskan berbagai jenis burung biasanya warga juga ada yang melepaskan kura-kura ke sungai, belut termasuk ikan. "Di vihara ini kami hanya melepaskan burung saja," ujarnya.

Usai melaksanakan ritual di vihara biasanya para keluarga ada yang berkumpul atau mengunjungi keluarganya yang lain, atau juga makan bersama-sama. 

Baca juga: Ratusan umat Buddha ritual di Vihara Aval Okitesvara

Perayaan Imlek di vihara tersebut juga mendapat pengamanan  dari puluhan personel Polres Langkat, baik dari satuan Shabara, Lalu Lintas, Intelkam, termasuk dari Polsek Stabat dipimpin Iptu Rahim maupun juga dari Babinsa Suwandi.

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019