Langkat (Antaranews Sumut) - Ratusan umat Buddha melaksanakan ritual dengan membakar hio, melepas burung, kura-kura, belut, ikan, dalam rangka merayakan Tahun Baru Imlek 2570 di viahara Aval Okitesvara Kelurahan Kwala Bingei Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Salah seorang petugas vihara Aval Okitesvara Stabat Aseng, di Stabat, Selasa, mengatakan sejak Selasa malam dari mulai pukul 02.00 Wib hingga nantinya pukul 17.00 Wib, para warga berdatangan ke vihara tersebut.

"Mereka membakar hio dari yang kecil hingga yang besar lalu menempatkannya ditempat yang sudah ditentukan dan disediakan di vihara itu," katanya.

Mereka berdatangan dari berbagai tempat bersama keluarga dans anak saudaranya untuk melaksanakan ritual agama Buddha sekaligus berharap agar di tahun ini mereka rezekinya murah dan berkesehatan.

Sementara salahs eorang warga Acin menyampaikan dirinya beserta keluarga melaksanakan sembahyang di vihara tersebut sekaligus melepas beberapa ekor burung yang terdiri dari burung balam, perkutut, kacrit, anyar, cerocok, pipit dan lainnya.

Ada juga warga yang melepas kura-kura ke sungai dan tempat lainnya, termasuk melepas belut dan ikan, katanya.
 
Tidak hanya di Stabat saja, dari Kecamatan Kuala salah satu vihara yaitu Maitreya Agung juga melaksanakan kegiatan ibadah dalam rangka perayaan Imlek 2570.   

Puluhan personel dari Polres Langkat maupun Polsek Kuala juga melakukan pengamanan seperti yang terlihat di vihara Aval Okitesvara dimana satuan shabara, satuan lalu lintas, dari Polsek Stabat dipimpin Iptu Rahim terlihat berjaga-jaga di vihara tersebut, termasuk dari Babinsa Suwandi. 

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019