Medan (Antaranews Sumut) - Anggota DPD RI asal Sumatera Utara, Parlindungan Purba berharap dan akan memperjuangkan agar kereta api atau KA rute Medan - Belawan dioperasikan paling lambat Maret 2019.
    
"Saya akan berbicara dan meminta Kementerian Perhubungan Dirjen Perkeretaapian soal pembukaan KA (kereta api) relasi Medan - Belawan -Medan itu sebagai pihak pemberi izin angkutan KA," ujarnya di Medan, Selasa.

Parlindungan mengatakan itu usai bertemu dengan jajaran manajemen PT KAI Divre I Sumut membicarakan aspirasi masyarakat soal perlunya dibuka KA penumpang Medan - Belawan - Medan.

Menurut dia, banyak faktor mengapa relasi Medan - Belawan itu dinilainya mendesak untuk dioperasikan.

Pertama adalah dengan dibukanya rute itu, maka akan semakin mendorong pergerakan perekonomian khususnya sektor pariwisata di Belawan.

Belawan yang dikenal dengan Pelabuhan Belawan dan sebagai kawasan industri merupakan kota dengan perekonomian yang bergerak cepat.

Bahkan dengan adanya kereta api penumpang relasi Medan - Belawan - Medan diyakini bisa mendorong pariwisata daerah itu yang antara lain wisata manggrove.

Kemudian, KA relasi Medan - Belawan itu akan sangat membantu mengurangi kemacetan lalu lintas jalan raya Medan - Belawan.

Termasuk bisa mempermudah akses keluar masuk penumpang kapal laut.

"Saya semakin menilai operasional kereta api itu perlu disegerakan karena PT KAI sebelumnya sudah melakukan uji coba dan berhasil," ujar Parlindungan yang maju lagi menjadi calon senator di Pemilu 2019.

Baca juga: Rambu lalu lintas di tol Medan-Tebing Tinggi dinilai masih kurang
Baca juga: DPD minta pemerintah bantu pengembangan agropolitan di kawasan Danau Toba
 

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019