Medan (Antaranews Sumut) - Feri Sandria dan Indah Haryati mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Medan baru saja menjadi duta mengikuti program "student exchange and Malaysian Muslim life exploration".

Kedua mahasiswa Polbangtan Medan ini mengikuti program pendidikan ke negeri jiran Malaysia bersama perwakilan lainnya dari berbagai daerah di Indonesia.

Direktur Polbangtan Medan Ir. Yuliana Kansrini, MSi kepada Antara Sumut, Selasa, mengatakan, kegiatan program pendidikan ini diadakan oleh Wise Malaysia, asosiasi berbadan hukum dibawah naungan medina assalam.

"Kegiatannya meliputi pengkajian tentang sistem pendidikan dan kebudayaan muslim di Malaysia serta berbagi informasi dan berbagi pengalaman tata kehidupan muslim di Indonesia. Juga mempelajari  monumen bersejarah Islam dan universitas berbasis Islam,"katanya.

Selama di Malaysia peserta student exchange diajak ke Masjid tun Abdul Samad yang merupakan bukti sejarah rakyat Malaysia sebagai negara melayu, lalu kunjungan ke Kolleg University Islam Selangor (KUIS) yang memiliki standar pendidikan Islam internasional.

"Selain itu kunjungan ke UNIRAZAK sebuah universitas yang fokus pada manajemen keuangan  dan sumber daya manusia  berstandar Internasional, dan terakhir kunjungan ke Istana Negara Malaysia,"sebutnya.

Indah Haryati mengatakan bahwa ia sangat beruntung dapat menjadi bagian dari student exchange and Malaysian muslim life exploration malaysia, dengan harapan dapat diadiopsi oleh Indonesia kedepannya.

Antaralainnya pelajaran mengenai sistem pendidikan yang mewajibkan seluruh mahasiswa mampu berbahasa inggris dan arab serta kewajiban belajar tentang syariah.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019