Humbahas (Antaranews Sumut) - Masyarakat Dusun Huta Godung Desa Sion Timur 1, Kecamatan Parlilitan, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) melaksanakan panen padi perdana bersama PT Toba Pulp Lestari (TPL), di atas lahan masyarakat seluas 250 hektare, Selasa (15/1).

"Kami bersyukur panen tahun ini berhasil setelah sebelumnya terancam gagal karena ketiadaan saluran air ke areal persawahan," ujar Masden Tinambunan, Tokoh Masyarakat didampingi Kepala Desa Sion Timur 1, Pintor Tinambunan. 

Disebutkan, bantuan TPL dalam memperbaiki saluran air sangat diapresiasi petani sehingga kegiatan panen saat itu dapat dilakukan.

"Terimakasih buat TPL. Lahan persawahan masyarakat seluas kurang lebih 250 Ha terselamatkan atas bantuan TPL," sebut Masden.

Pintor turut menginformasikan bahwa saluran irigasi yang mengalir ke persawahan masyarakat bersumber dari mata air Aek Marbatang dan Aek Situmohap yang berada di kebun eucalyptus di konsesi TPL. 

"Saluran air ini merupakan bagian dari urat nadi utama yang menunjang perekonomian 315 KK masyarakat," jelasnya. 

Kata Pintor, kehadiran TPL di wilayah Sion Timur 1 memberikan manfaat kepada masyarakat.  

Di tengah agenda, Pius Butarbutar, Humas TPL Estate Tele mengatakan, perbaikan saluran air sepanjang 270 meter yang dilaksanakan oleh TPL ini merupakan bukti kedekatan perusahaan bersama masyarakat Sion Timur 1.

"Saluran irigasi ini merupakan bukti kebersamaan perusahaan dan masyarakat, kita harapkan bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan baik dan dijaga," terangnya.

Menurutnya, kesuksesan panen bersama yang dilaksanakan menjadi bukti komitmen perusahaan yang berbunyi "good for community" atau baik untuk masyarakat, juga "good for country" atau baik untuk negara. 

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019