Tebing Tinggi (Antaranews Sumut) - Untuk mencapai target 77 persen pemilih pada Pemilu 2019 Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tebing Tinggi melakukan perekrutan relawan demokrasi 

Para relawan diharapkan mampu melakukan sosialisasi setiap tahapan untuk meningkatkan kualitas proses pemilu dan partisipasi serta kepercayaan publik terhadap proses demokrasi.

KPU Tebing Tinggi membuka pendaftaran 10 hingga 14 Januari 2019, demikian disampaikan Komisioner KPU Tebing Tinggi, Emil Sofyan, Minggu (13/1).

Emil mengatakan bahwa perekrutan relawan demokrasi ini untuk membantu menyosialisasikan tahapan pemilu hingga ke masyarakat secara menyeluruh.

KPU menargetkan partisipasi pemilih hingga 77 persen. Untuk mencapai target itu dibentuklah relawan demokrasi.

Emil menjelaskan sebanyak 55 relawan dari 11 basis yang meliputi basis keluarga, pemilih pemula, pemilih muda, penyandang disabilitas, pemilih berkebutuhan khusus, kaum marjinal, keagamaan, komunitas, warga internet, dan relawan demokrasi.

Setiap basis terdiri dari lima orang relawan yang ikut sialisasi pemilu, ucapnya.

Syarat sebagai relawan harus berumur 17 tahun dan maksimal 25 tahun bagi pemilih pemula. 

Hasil seleksi relawan demokrasi akan diumumkan pada 17 Januari 2019 dan akan diikutkan bimbingan teknis untuk mempersiapkan program-program sosialisasi kepada masyarakat.

Relawan demokrasi akan menjadi mitra PPK dan PPS untuk mensukseskan pemilu 2019, ujar Emil.

Pewarta: Dhani Elison

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019