Langkat (Antaranews Sumut) - Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menyampaikan mari bersatu untuk mengelola wilayah kelautan pada peringatan Hari Nusantara ke-19 tingkat Provinsi Sumatera Utara tahun 2018, di Dermaga Pertamina Pangkalan Brandan Kabupaten Langkat, Jumat.

Edy Rahmayadi menyampaikan peringatan Hari Nusantara ini diselengarakan sebagai bentuk perjuangan bangsa Indonesia untuk mewujudkan NKRI sebagai negara kepulauan, yang pertama kali tercetus melalui Deklarasi Djoeanda pada 13 Desember 1957, dimana deklarasi ini mendasari perjuangan bangsa Indonesia untuk menjadi negara kepulauan.

Baca juga: Proyek pembangunan jalan diduga dikerjakan tidak sesuai bestek
Baca juga: Bawaslu Langkat tertibkan alat peraga kampanyep

Hal ini selaras dengan tema HN kali ini yang berbunyi "Perwujudan kesatuan nusantara yang utuh melalui deklarasi Juanda menuju poros maritin dunia, katanya.

Edy menegaskan salah satu cara agar membuat laut Indonesia kembali berjaya adalah dengan mengatasi segala polusi dan pencemaran yang mengacam dan merusak kualitas sumber daya laut Indonesia. 

Untuk itu diperlukan perhatian khusus antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah serta melibatkan masyarakat dan dunia usaha. Baik secara langsung dan tidak langsung, semuanya harus memiliki rasa untuk peduli dan menjaga terhadap sumber daya laut dan maritin di wilayahnya, ujarnya.

Mantan Pangkostrad itu pun, mengajak untuk menjadikan momentum Hari Nusantara pada 2018 ini untuk mempertebal semangat kebangsaan, persatuan dan kebersamaan ditengah keBhinekaan, dengan tetap melaksanakan pembangunan nusantara. 

Guna meningkatkan kerjasama dalam mengelola wilayah kelautan negara dalam wadah NKRI,  serta upaya mendorong masyarakat Indonesia untuk memahami arti penting Wawasan Nusantara.

“Sebab pembangunan kelautan akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat  serta bangsa dan negara,” tegasnya.

Sekretarsi Daerah Langkat Indra Salahudin MKes mengucapkan terimahkasih atas arahan dan bimbingan Gubsu, dirinya meyakini dengan nasehat Gubsu, pastinya akan lebih meningkatkan pelestarian kelautan diwilayah Kabupaten Langkat.

Sekda juga menyampaikan bantuan dari Pemkab Langkat melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Langkat dibidang perikanan budidaya kepada kelompok nelayan, harapannya dengan bantuan ini, dapat meningkatkan kesejahteraan para nelayan Langkat.

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018