Aekkanopan (Antaranews Sumut) - Bupati Labuhanbatu Utara H Kharuddin Syah mengharapkan dan meminta bantuan Pemprovsu untuk percepatan pembangunan sejumlah program yang sedang dan akan dilaksanakan. Hal itu disampaikannya di hadapan Wakil Gubernur Sumut H Musa Rajekshah yang melakukan kunjungan kerja di kabupaten itu, Kamis (13/12).

Sejumlah program yang sedang dan akan dilakukan adalah peningkatan badan jalan Kecamatan Kualuhhilir-Kualuhleidong sepanjang 75,8 km, pembangunan jalan lingkar dalam dan lingkar luar serta pembangunan jalan dua jalur Aekkanopan-Guntingsaga sepanjang 3,65 Km.

Pada kesempatan itu bupati menjelaskan tentang perkembangan yang telah dilakukan di tanah Basimpul Kuat Babontuk Elok tersebut. Diantaranya adalah pembangunan RSU yang berada di kawasan Sawah Lebar Kecamatan Kualuhselatan dan diharapkan pada tahun depan sudah dapat difungsikan.

“Kita berharap RSU dengan kapasitas 200 tempat tidur itu bisa menjadi rujukan bagi lima kabupaten nantinya,” terang pria yang akrab disapa H Buyung pada acara yang dilaksanakan di aula Ahmad Dewi Syukur tersebut.

Terkait dengan pembangunan jalan lingkar luar, bupati mengharapkan dukungan Pemprovsu karena berkaitan dengan wilayah Kabupaten Asahan. Saat ini pembuatan badan jalan tersebut sudah mulai dilakukan, katanya.

Sedangkan jalan lingkar dalam, diharapkan sudah selesai tahun ini. Sehingga masyarakat tidak harus melalui jalan utama Aekkanopan sehingga dapat mengurai kemacetan arus lalilintas di ibukota kabupaten itu.

Terkait pembebasan lahan PTPN-3 Membang Muda untuk sejumlah pembangunan, bupati juga mengeluhkan sulitnya prosedur yang dilalui. Selain itu, untuk pembebasannya juga Pemkab mengeluarkan dana besar.

“Jadi kami sangat mengharapkan dukungan dari Pak Gubernur dalam hal pembebasan lahan PTPN-3 Kebun Mambang Muda,” harapnya dalam acara yang juga dihadiri Dandim 0209/LB Letkol Inf Santoso, para asisten, staf ahli dan kepala OPD yang ada di jajaran Pemkab Labura.

Pewarta: Sukardi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018