Lubukpakam (Antaranews Sumut) - Pemerintah Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, mengajak asyarakat untuk terus melakukan inovasi dalam meningkatkan hasil produktifitas maupun penemuan baru demi terwujudnya kemandirian pangan dan ketahanan pangan secara berkelanjutan.
     
Bupati Deliserdang Ashari Tambunan di Lubukpakam, Selasa, mengatakan, semua pihak harus menjadikan peringatan hari pangan sedunia ke-38 kali ini sebagai momentum untuk terus berinovasi dalam meningkatkan hasil produktivitas pangan, baik melalui intensifikasi maupun penemuan yang baru.

"Itu perlu dilakukan demi terwujudnya kemandirian pangan dan ketahanan pangan secara berkelanjutan, sehingga Deliserdang menjadi sebagai salah satu penopang Indonesia menuju lumbung pangan dunia pada tahun 2045," katanya pada peringatan Hari Pangan Sedunia ke- 38 tingkat Deliserdang.

Ia mengatakan pangan merupakan kebutuhan dasar pokok bagi setiap manusia yang harus terpenuhi, baik dari ketersediaan, keterjangkauan maupun keamanannya.

"Pangan merupakan kebutuhan dasar pokok bagi setiap manusia yang harus terpenuhi, baik dari ketersediaan, keterjangkauan maupun keamanannya. Karena dengan terpenuhinya kebutuhan pangan yang cukup, sangat berpengaruh terhadap kualitas Sumber Daya Manusia yang dihasilkan”, katanya.

Dalam kesempatan itu ia juga menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang selama ini berkontribusi dalam memberi dukungan kepada masyarakat yang melakukan inovasi-inovasi di bidang pangan.

"Saya atas nama Pemkab Deliserdang saya menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada semua pihak dan pihak lainnya yang selama ini berkontribusi dalam memberi dukungan dan bantuan kepada masyarakat yang berkegiatan melakukan inovasi-inovasi di bidang pangan," katanya.

Hari Pangan itu juga ditandai dengan penyerahan berbagai bantuan CSR seperti Sub Terminal Agribisnis Cluster Cabe dari Bank Indonesia kepada Kelompok Juli Tani Kecamatan Beringin, begitu juga dengan PT Anugerah Pupuk Lestari menyerahkan bantuan kepada Ketahana Pangan Deli Serdang.

Juga dirangkai dengan pemberian penghargaan kepada para kader pangan yang telah melakukan inovasi-inovasi pangan di Deliserdang.

Serta pemberian berbagai bantuan kepada masyarakat dan kelompok tani seperti bantuan modal, bantuan ternak, bedah rumah, bantuan benih tanaman, bantuan traktor, pompa air, bantuan bibit buah buahan dan bantuan alat panen ikan..

 

Pewarta: Juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018