Deliserdang (Antaranews Sumut) - Jajaran KODIM 0204/DS melakukan penanaman pohon manggrove di Pantai Prupuk, Dusun Sei Baru, Bandar Kalipah, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, dalam upaya turut menjaga dan melestarikan lingkungan khususnya di pesisir pantai.
     
Dandim 0204/DS Letkol Kav. Syamsul Arifin melalui Pasiter Kodim 0204/DS Kapten. Inf. Sucipto di Deliserdang, Rabu, mengatakan, aksi penanaman ribuan bibit manggrove tersebut merupakan salah satu bagian dari karya bakti dalam rangka Hari Juang Kartika.
     
Yang lebih utama, aksi penanaman manggrove tersebut juga bagian dari upaya turut menjaga kelestarian alam, mengingat dewasa ini banyak lahan di wilayah pantai yang telah beralih fungsi, sehingga sangat mengancam kelestarian.
     
Manggrove bukan hanya sekedar pohon namun memiliki peranan penting dan manfaat yang banyak, baik langsung maupun tidak langsung bagi lingkungan sekitarnya khususnya bagi penduduk pesisir.
     
Secara umum hutan bakau atau mangrove dapat mencegah erosi dan abrasi pantai, sebagai pencegah dan penyaring alami. sebagai tempat dan sumber makanan bagi berbagai jenis satwa, juga berperan dalam menstabilkan daerah pesisir.
     
"Saat penanaman bibit manggrove tersebut sedikitnya 35 personil bersama puluhan warga sekitar turut serta. Kami ucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang turut berperan serta atas suksesnya acara tersebut," katanya.
     
Dalam kesempatan tersebut ia juga menyampaikan harapan aksi penanaman ribuan bibit manggrove tersebut dapat semakin memotivasi masyarakat, khususnya kalangan muda untuk bersama-sama turut menjaga kelestarian alam agar tidak rusak dan tercemar.
     
"Kita tentunya ingin alam ini tetap lestari dan untuk itu dibutuhkan komitmen semua pihak. Apa yang kami lakukan ini hanya sedikit dari upaya dan memotivasi masyarakat. Banyak manfaat manggrove bagi kehidupan, mari sama-sama kita jaga," katanya.
Kodim 0204 melakukan penanaman pohon manggrove di Pantai Prupuk (Septianda)

Pewarta: Septianda

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018