Aekkanopan (Antaranews Sumut) – Pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak yang diselenggarakan di Labuhanbatu Utara secara umum berjalan aman dan tertib. Dari 20 desa yang mengikuti pilkades serentak, beberapa diantaranya sudah diketahui hasilnya.

 

BERPELUKAN : Kades Perkebunan Hanna terpilih April Toni Harahap sambil berlinang air mata berpelukan dengan salah seorang kerabatnya setelah berhasil memenangkan pilkades dengan meraih 162 suara, Rabu. (Foto : Antaranews Sumut/Sukardi)

Salah satunya adalah Desa Perkebunan Hanna, satu-satunya desa di Kecamatan Kualuhhulu yang melaksanakan pilkades serentak. Di desa yang dikelilingi perkebunan PTPN III tersebut, terdapat dua kandidat yaitu petahana Bambang Desriandi SHI dan pesaingnya April Toni Harahap.

Di desa itu, berdasarkan data yang dihimpun Dinas PMD Labura terdapat 260 pemilih potensial. Namun pada hari H, yang memberikan hak suara hanya 241 suara. Pemilihan dimulai sejak pagi hari dan penghitungan dilaksanakan mulai pukul 14.00 WIB.

Disaksikan tim monitoring dari Pemkab Labura seperti Kadis Dukcapil Drs Adi Winarto, Kadis Dagkop Syahrul Adnan Hasibuan SE dan Camat Kualuhhulu Jhon Fery SSTP, panitia memulai penghitungan suara disaksikan masyarakat dan sejumlah tokoh di Kecamatan Kualuhhulu.

Penghitungan awalnya berjalan mendebarkan karena terjadi kejar-kejaran suara. Namun pada akhirnya, suara April Toni yang merupakan karyawan PTPN-III tersebut melaju jauh meninggalkan suara petahana. Hingga penghitungan berakhir, perolehan suara April Toni sebanyak 16 suara, Bambang Desriandi 77 suara, dan dua suara dinyatakan batal.

Bambang Desriandi langsung memeluk dan memberi ucapan selamat kepada pesaingnya. Sementara April Toni terlihat tak kuasa menahan air mata setelah berhasil memenangkan pilkades di Perkebunan Hanna itu.

Terlihat juga menyaksikan pelaksanaan pilkades Perkebunan Hanna itu beberapa kepala desa seperti Jalaluddin Silaen SAg (Sukaramai), Prabowo (Sonomartani) dan Edi Sitorus (Kualaberingin). Beberapa caleg juga terlihat hadir seperti Fachruddin Nasution SP dan Fayakun Hisyam Hasibuan SH.

Pewarta: Sukardi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018