Asahan (Antaranews.Sumut) - Keberadaan Kampung pengawasan di Asahan yang diresmikan Ketua Bawaslu Republik Indonesia diharapkan dapat menjadi aroma postif bagi Indonesia, khususnya Sumatera Utara (Sumut) dalam bentuk pengawasan Pemilu 2019.

“ Kegiatan ini luar biasa. Harapan saya bisa diikuti oleh daerah lain yang bertujuan mengajak partisipasi masyarakat membangun Pemilihan Umum (Pemilu) yang bersih dan berkualitas,” kata Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI, Abhan dihadapan ratusan masyarakat Kecamatan Silau Laut, Kabupaten Asahan, Sumatra Utara.

Abhan menyebutkan kegiatan kampung pengawasan tersebut diminta jangan hanya seremonial saja, namun partisipasi masyarakat mengawal Pemilu yang bersih dan berkualitas harus selesia hingga pelaksanaan Pemilu 2019. “ Kesuskesan Pemiliu bukan miliki penyelenggara, namun miliki kita semua dan masyarakat Indonesia, “ ucap Abhan

Agar Pemilu mendatang bisa membuahkan hasil, Abhan mengajak 3 elemen untuk bergadengn tangan menyuskeskan pemilu. Yakni pertama penyelenggara harus bekerja sesuai aturan, kedua peserta pemilu juga harus taat peraturan  dan ketiga partisipasi masyarakat. “ Mari kita datangi TPS gunakan hak pilih untuk memilih pemimpin terbaik,” ajak Abhan.

Sementara itu, Plh Asisten I Pemkab Asahan, Jhon Hardi Nasution mewakili Bupati Asahan, Drs H Taufan Gama Simatupang sangat mendukung program kampung pengawasan yang dibentuk di Kecamatan Silau Laut, diharapakan kegiatan bisa mensukseskan pemilu mendatang. “ Konsep ini sangat strategis untuk menekan angka pelanggaran pemilu, sehingga pemilu Asahan bisa dikatakan pemilu bersih dan berkualitas.

Ketua Bawaslu Sumut, Syafrida R Rasahan menyatakan sangat beruntung dan bangga kepada masyarakat Kecamatan Silau Laut yang bersedia menjadikan daerahnya sebagai kampung pengawasan. Dan Kampung Pengawasan partisipatif di Silau Laut Kabupaten Asahan merupakan yang pertama di Sumut, bahkan di Indonesia.

Peresmian kampung pengawasan dihadiri oleh sejumlah pengurus Bawaslu Kabupaten Asahan dan Kabupaten /kota di Sumut, Parpol, KPU dan mewakili Gubsu, mewakili Kapoldasu, tokoh masyarakat setempat serta undangan lainya. Kegiatan dirangkai dengan sejumlah acara sehingga peresemian kampung pengawasan di Asahn sangat meriah dan berjalan lancar.


 

Pewarta: Indra Sikumbang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018