Langkat, (AntaranewsSumut) - Dua desa Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di kabupaten Langkat, masuk nominasi penilaian tim PKK Provinsi Sumatera Utara, dalam pelaksanaan 10 program pokok terkait lima kegiatan HKG Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat.

Ketua Tim Evaluasi TP PKK Provinsi Sumatera Utara Kania mengatakan selamat kepada Desa Mangga Kecamatan Stabat dan Desa Sekoci Kecamatan Besitang, di Besitang, Sabtu, karena telah masuk nominasi tahap evaluasi tingkat provinsi.

“Semoga setelah ini, bisa mendapatkan juara dan menjadi perwakilan Sumatera Utara, untuk tingkat nasional,” katanya.

Kania menjelaskan saat ini secara serantak 10 tim gabungan TP PKK dan Dinas OPD terkait dari provinsi, sudah menilai nominasi lima kegiatan lomba, yaitu tertib Administrasi, PAAR, UP2K PPK, Hatinya PKK dan Iva Tes. Dari hasil evaluasi ini akan diperoleh juara 1 sampai harapan 3 untuk kabupaten, sedangkan untuk kota hanya sampai juara 3.

“Adapun maksud dan tujuan dari tahap evaluai ini, untuk mencari juara I tingkat provinsi yang akan mewakili Sumut pada lomba di tingkat nasional. Untuk itu diminta kepada seluruh tim evaluasi dari provinsi, untuk melihat dan menilai sacara instrument dari TP PKK Pusat,” ujarnya.

Dimana Desa Mangga Kecamatan Stabat sebagi desa percontohan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK dan  Desa Sekoci Kecamatan Besitang, sebagai desa percontohan Halaman, Asri, Teratur, Indah dan Nyaman (Hatinya) PKK.

Ketua evaluasi desa percontohan Kabupaten Langkat Ny Indra Salahudin, mengatakan, desa percontohan  PKK bukan hanya untuk mencari desa terbaik saja, namun bertujuan untuk memacu dan mempercepat proses pembangunan di desa, serta memacu  masyarakat agar lebih mengenal masalah dan mengabil alternatif tindakan dalam mengatasi masalah.

“Untuk itu diharapkan kepada desa Mangga agar memaksimalkan program UP2K di desanya, agar menjadi contoh kepada desa lain yang ada di Langkat, begitupun kepada desa Sekoci agar juga memaksimalkan program Hatinya PKK,” pintanya.

Program ini juga untuk menilai kebersihan dan partisipasi masyarakat dalam mendukung dan memberhasilkan pembangunan desa,” ujarnya.

Kepala Dinas Pemberdayan Masyarakat Desa Jaya Sitepu menjelaskan pembinaan UP2K yang selama ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan para kader, sehingga menumbuhkan kelompok usahan ekonomi masyarakat.

“Serta pra koperasi dalam rangka peningkatan pendapataan, taraf ekonomi keluaraga dan masyrakat, yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan,” katanya.

Sedangkan melalui Hatinya PKK, diharapkan masyarakat sadar untuk mengelola halaman atau pekarangan rumahnya, agar asri dan teratur sehingga terlihat indah dan menciptakan kenyaman bagi penghuninya.

“Selain itu pemanfaat pekarangan dapat dijadikan lumbung hidup seperti penanaman sayur mayur, pembuatan kolam ikan, atau bertenak sebagai sumber protein,” tambahnya.***4***

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018