Medan (Antaranews Sumut) - Pemerintah Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, terus meningkatkan komitmennya mendorong dan mendukung kemajuan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di daerah itu, sebagai salah satu upaya meningkatkan perekonomian warga.
     
Kepala Dinas Koperasi Deliserdang Ahmad Tarmizi yang dihubungi dari Medan, kamis, mengatakan, sebagai penggerak roda perekonomian utama di Indonesia, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sudah menjadi perhatian pemerintah dan lembaga internasional saat ini.
     
Ekosistem UMKM yang kondusif hanya bisa dicapai dengan kontribusi dari berbagai pihak seperti praktisi bisnis, akademisi dan peneliti, selain itu peran pemerintah daerah dalam mendukung UMKM menjadi pilar pendorong utama ekonomi lokal.
     
"Untuk itulah, Pemkab Deliserdang selalu mendorong UMKM yang ada untuk terus melakukan inovasi dengan produk-produk yang dihasilkannya sehingga lebih menarik dan pada akhirnya mampu bersaing dengan produk-produk pabrikan," katanya.
     
Atas keseriusan membina UMKM tersebut, Kementerian Koperasi dan UKM yang bekerjasama dengan ICSB Indonesia memberikan penghargaan Natamukti 2018 kepada Pemkab Deliserdang.

Penghargaan tersebut sebagai bentuk apresiasi kepada Kabupaten Deliserdang yang berhasil dalam memasarkan, mendorong peningkatan kualitas, membangun ekosistem UMKM serta mendorong keberlangsungan UMKM di daerahnya agar terus maju dan memiliki daya saing.

Selain Deliserdang, beberapa daerah lainnya yang juga mendapat penghargaan Nakamukti adalah Medan, Bandung, Surakarta, Pontianak, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Kulon Progo, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Trenggalek, dan Kabupaten Gowa.

"Pemkab Deliserdang memang sangat serius dan mendukung penuh pertumbuhan UMKM dan melalui Dinas Koperasi akan terus mengembangkan dan meningkatkan UMKM terutama bagi perkembangan ekonomi untuk produk lokal khas daerah," katanya.



 

Pewarta: Juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018