Medan  (Antaranews Sumut) - Kontingen gulat Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Provinsi Sumatera Barat tampil sebagai juara umum di Kejuaraan Nasional gulat antar PPLP, PPLPD, dan SKO 2018, yang digelar mulai  30 Oktober  hingga 3  November 2018.
     
Pelatih kepala PPLP Sumbar, Noprimet di Medam, Sabtu,  mengatakan, prestasi itu sekaligus keberhasilan kontingen Sumatera Barat mempertahankan predikat juara umum kejurnas 2017 di Banten, sekaligus kali ke -11 mereka tampil sebagai yang terbaik selama pelaksanaan kejurnas PPLP.
     
Total Sumatera Barat mengumpulkan 1 emas, 1 perak, dan 9 perunggu dengan nilai 99 poin.
     
Medali emas Sumbar dipersembahkan Randa Riandesta (80 kg) gaya bebas putra sedangkan medali perak melalui Suci Andini (53 kg) gaya bebas putri.    
     
Kemudian sembilan perunggu lainnya Yusma Deswita (49 kg) bebas putri, Irsya Dunas (48 kg) greco, M Fauzan (51 kg) greco, Ananda Fauzan (55 kg) greco.    
   
Selanjutnya lima perunggu lainnya melalui gaya bebas putra, Rahmad Illahi (60 kg), Ando Anggara (45 kg), Tegar Waluya (48 kg), Rexi Alfaleri (71 kg), Kevin Brilian (92 kg).
     
"Alhamdulillah dan terima kasih atas perjuangan anak – anak yang mampu mempertahankan predikat juara umum untuk ke sebelas kalinya. Target awal tetap pertahankan kejurnas yang lewat (2017), termasuk pertahankan medali emas,"  katanya.
   
 Usai kejurnas, para atlet kembali disibukkan dengan rangkaian event daerah mulai dari Pekan Olahraga Provinsi (Porprov), Pekan Olahraga Daerah (Porda), dan piala walikota Padang. 
     
"Untuk evaluasi memang ada beberapa anak – anak yang harus diperbaiki. Intinya, mental pertandingan mereka,” ucapnya.
     
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumut H Baharuddin Siagian  mengapresiasi pelaksanaan kejurnas gulat yang berakhir sukses tanpa kendala apapun dengan harapanpara pemenang untuk tidak cepat berpuas diri dan tetap latihan rutin. 
   
 Begitu juga bagi yang belum memperoleh medali, jangan berkecil hati, jadikan ajang kejurnas sebagai evaluasi di event yang akan datang.
   
'Mereka adalah atlet gulat masa depan Indonesia yang akan menjadi kebanggaan bagi negara ini. Maka, tingkatkan terus prestasi, berlatih keras sehingga suatu saat bisa menjasi atlet yang berhasil. Bisa mengangkat derajat diri sendiri, kebanggaan orangtua, daerah dan negara Indonesia," harap Baharuddin.
   
 Baharuddin juga berharap kejurnas gulat yang dilaksanakan selama lima hari di kota Medan ini, bisa memberikan motivasi khusus bagi atlet Sumut, guna memacu lagi prestasi di event nasional yang akan datang. 
   
Baharuddin menegaskan, Sumut selalu siap kembali menjadi tuan rumah yang baik pada event kejurnas untuk cabang olahraga apapun.
   
 "Insya Allah, Sumut sampai hari ini tetap selalu menjadi tuah rumah yang baik, untuk event skala nasional maupun internasional. Kita selalu siap jika dipercaya menjadi tuan rumah, apalagi Sumut sedang persiapan menuju tuan rumah PON 2024 nanti," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018