Deli Serdang (Antaranews Sumut) - Koramil 06/LP mendorong rutinitas belajar di luar kelas dalam program pendidikan di sekolah, menyusul Perpres Nomor 87 tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).

Danramil 06/LP Kapten Infanteri Noor Rosyid di Lubukpakam, Kamis, mengatakan, rutinitas belajar di luar kelas dapat memberikan penguatan pendidikan karakter diterapkan di sela kegiatan Outdoor Class Room Day.

"Belajar di luar kelas itu sebetulnya mengingatkan kembali bahwa anak belajar itu harus riang gembira. Tidak harus selalu di dalam kelas. Dan ada variasi pembelajaran lah," katanya di SDN 101901 Jalan Kartini Lubuk Pakam, Deli Serdang.

Menurutnya dengan belajar di luar ruang kelas, siswa bisa mendapatkan sensasi yang menyenangkan. Tidak setiap saat berada di ruang kelas yang dikhawatirkan membosankan.

"Lihat beberapa sekolah memang anak kalau di luar lebih menyenangkan. Tapi, bagaimanapun itu juga harus terintegrasi dengan apa yang kita mau capai dengan penguatan pendidikan karakter, ujarnya.

Ia menilai, dengan belajar praktik di luar ruang kelas bisa menanamkan berbagai nilai pendidikan berbasis karakter kepada siswa. Mulai dari kerja kelompok, mengatasi konflik, hingga disiplin.

"Kerja sama kelompoknya kelihatan. Kalau ada konflik bisa menangani konfliknya. Jadi sebetulnya lebih terkait nilai karakter yang sedang kita kuatkan secara nasional. 

Dan kita melihat langsung soal kolaborasi, toleransi akan perbedaan, kedisiplinan mereka harus tepat waktu. Beberapa permainan bisa dengan dasar itu," ujarnya.

Ia mengimbau sekolah bisa memanfaatkan halaman sekolah untuk Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di luar ruang kelas. Jika ada anggaran, ia juga mempersilahkan kegiatan belajar sekaligus berwisata ke tempat wisata edukasi bagi siswa sekolah.

Namun, ia menegaskan, tidak boleh ada pungutan yang dibebankan kepada orangtua murid atas kegiatan ini. 

Ia meminta pihak sekolah berinovasi kegiatan belajar yang menyenangkan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing.

Dalam kegiatan Outdoor Class Room Day ini turut hadir sejumlah instansi lainnya Kabid pendidikan Dinas Pendidikan Deli Serdang Yusrizal, anggota dprd Deli Serdang Darwis, S. H, kupt Dindik l pakam ibu aida,  dan kanitbimas polsek lubuk pakam ipda surata.



 

Pewarta: Juraidi dan Septianda

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018