Medan, (Antaranews Sumuy) - Investor  Korea Selatan, Republik Rakyat Tiongkok, Jepang, Malaysia dan Singapura akan menjajaki peluang dan kerja sama bisnis khususnya sektor energi di Sumatera Utara.
‌       
"Penjajakan dan kerja sama bisnis dan dilakukan dalam Asian Energi Forum yang digelar di Medan 12 - 18 November 2018," ujar Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sumut, Parlindungan Purba di Medan, Selasa.
‌      
Menurut Parlindungan yang juga anggota DPD RI, rencananya akan ada 50 orang pengusaha dari berbagai negara yang akan datang ke acara Asian Energi Forum.
‌    
Asian Energi Forum itu baru pertama kali dilakukan dan syukurnya Sumut dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggara.
‌    
Didampingi pengusaha Sabri Basyah yang menjadi salah satu penggagas pertemuan, Parlindungan menyebutkan, rencananya pengusaha itu akan dikenalkan dan dibawa ke berbagai proyek di Sumut.
‌      
Mulai Pelabuhan Kuala Tanjung dan Kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangke.
‌       
"Gubernur Sumut dan Wali Kota Medan sudah menyatakan kesiapan menjamu para pengusaha dari berbagai negara dan berharap ada realisasi investasi dan kerja sama bisnis di Sumut,"katanya.
‌     
Parlindungan menyebutkan, investasi khususnya di sektor energi masih berpotensi besar karena kebutuhan Sumut juga masih besar.
‌    
Kebutuhan energi yang besar itu sejalan dengan mulai membaiknya kinerja sektor industri.
‌     
"Sesuai dengan program Pemerintah diharapkan pasokan eneegi terbesar semakin banyak berasal dari energi baru terbarukan,"katanya.
‌     
Apalagi, ujar Parlindungan, sumber atau bahan baku energi terbarukan di Sumut juga berpotensi besar seperti dari limbah sawit, angin dan air.
‌     
‌    
‌      

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018