Binjai, Sumut, 20/9 (Antara) -  Pemerintah Kota Binjai, Sumatera Utara, berjasil memborong sejumlah penghargaan pada puncak peringatan Hari Keluarga Nasional ke 25 di tingkat provinsi Sumatera Utara, berlangsung di Pantai Pondok Permai Kecamatan Padang Cermin Kabupaten Serdang Bedagai, Rabu.
     Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi bersama Deputi Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi BKKBN RI Yayuk Rahayu disaksikan ketua Tim Penggerak PKK  Binjai Lisa Andriani, memberian berbagai penghargaan.
     Dimana Binjai meraih penghargaan yaitu Kelurahan Kebun Lada Kecamatan Binjai Utara sebagai juara satu lomba PHBS tingkat Provinsi,  Kelurahan Suka Maju Kecamatan Binjai Barat sebagai juara kedua lomba PKK KB Kes Tingkat Provins,  Kelurahan Damai Kecamatan Binjai  Utara sebagai Juara kedua lomba Lingkungan Bersih dan Sehat Tingkat Provinsi, dan juara ketiga Posyandu terbaik tingkat Provinsi.
     Selain itu, Binjai juga menyabet penghargaan lainnya yaitu juara satu kategori  Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (PPKS) diraih PPKS Gacita Kencana Kecamatan Binjai Barat, juara satu PIKR jalur masyarakat diraih PIKR Limud Kelurahan Limau Sundai kecamatan Binjai Barat.
     Juga juara ketiga kategori Petugas Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD)  diraih oleh PPKBD Kelurahan Sumber Mulyo Rejo, juara satu Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) diraih Puskesmas Tanah tinggi, juara satu bidan praktek mandiri diraih Ermiyanti, juara ketiga motivator KB pria Sabri Tanjung .
     Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengatakan tingkat perceraian di provinsi itu sebanyak 2.500 kasus per tahun, dan berbagai permasalahan sosial lainnya seperti kematian bayi harus kita cari tahu penyebabnya dan penanganannya sehingga tidak bertambah setiap tahun.
     Untuk itu kepada kader PKK, diminta untuk membangun provisni Sumatera Utara ini mulai dari keluarga, masyarakat yang berprestasi dimulai dari keluarga yang kuat dan tangguh sehingga melahirkan anak-anak yang unggul.
     Deputi Bidang KB dan Kesehatan Reproduksi BKKBN Yayuk Rahayu mengatakan program KKBK dari BKKBN merupakan bagian dari pembangunan SDM dengan membangun keluarga yang berencana.  
     "Karena keluarga yang terencana akan menghasilkan keluarga yang lebih berkualitas dibandingkan dengan keluarga karena bencana," katanya.***4***








 

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018