Medan, 15/9 (Antaranews Sumut) - Badan Pelaksana Otorita Danau Toba optimistis kunjungan wisatawan mancanegara ke Sumatera Utara pada 2019 bisa sesuai target 1 juta.

Direktur Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT), Arief Prasetyo di Medan, Sabtu, mengatakan, berbagai upaya sudah dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Sumut khususnya ke Danau Toba.

"Salah satu upaya yang dilakukan adalah membuka akses penerbangan yang lebih banyak ke Bandara Silangit atau yang sudah berganti nama Bandara Sisingamangaraja,"ujarnya.

Salah satu  penerbangan yang dibuka adalah dari Kuala Lumpur International Airport 2 Malaysia ke Bandara  Sisingamangaraja Sumut.

Seperti diketahui, kata dia, Malaysia tercatat sebagai salah satu pemasok wisman terbesar ke Sumut.

"Dengan ada penambahan  penerbangan Air Asia itu diharapkan mendorong kunjungan wisman ke Danau Toba,"katanya.

Arief Prasetyo menyebutkan, BPODT bersama semua pemangku kepentingan lainnya juga melakukan berbagai upaya lain termasuk menambah atraksi pertunjukan khususnya yang berbau kebudayaan atau tradisi.

Atraksi itu diharapkan menambah daya tarik bagi wisatawan untuk mengunjungi Danau Toba.

Hingga tahun 2017, kunjungan wisman Sumut belum sampai 300.000 orang.

Kepala Departemen Bank Indonesia Regional Sumatera, Suhaedi mengatakan BI mendukung penuh program pemerintah dalam mengembangkan pariwsiata khususnya Danau Toba.

Dukungan dilakukan mengacu pada keyakinan pariwisata akan memberi kontribusi besar dalam perekonomian.

"Kalau selama ini pertumbuhan ekonomi Sumut terbesar didorong oleh sektor perkebunan dan hasil industri, maka diharapkan, sektor pariwisata bisa memberi kontribusi lebih besar,"katanya.***3***

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018