Medan  (Antaranews Sumut) - Asian Agri membantu membangun pertapakan gedung sekolah dasar setelah warga memberi lahan untuk sekolah itu di Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara.

"Sinergi kuat antara elemen masyarakat dan perusahaan memang dibutuhkan  dalam pembangunan suatu daerah. Asian Agri sudah membuktikan dengan pembangunan pertapakan bangunan SD di Labura (Labuhanbatu Utara)," ujar Perwakilan PT Hari Sawit Jaya, unit bisnis Asian Agri, Ade Kuniawan di Medan, Jumat.

Lahan lahan untuk SD seluas 50 x 100 meter di Dusun Tangkahan Manggis Desa Kuala Bangka, Labihanbatu Utara itu diberikan secara hibah oleh warga bernama Ranap Nababan.

Dengan dibangunnya bangunan SD itu diharapkan sumber daya manusia di Labura Sumut semakin baik.

"Hari Sawit Jaya menggulirkan dana CSR (Corporate Social Responsibility) dengan melakukan pembukaan tapak gedung sekolah tersebut,"ujarnya..      

Pembukaan tapak sekolah swasta itu, telah dimulai sejak 29 Agustus 2018 dan rampung pada 8 September 2018. 

Adapun pembangunan gedung direncanakan mulai bulan Maret 2019, didanai oleh donatur mitra sekolah yang peduli dengan kemajuan dunia pendidikan.

Ade Kuniawan menjelaskan,  untuk meningkatkan pendidikan di Dusun Kuala Bangka, masyarakat memiliki inisiatif untuk membuka sekolah di wilayah mereka.

Selama ini tempat sekolah jauh dari pemukiman sehingga  biaya transport mahal dan memakan waktu lama untuk menuju sekolah.

"Dengan adanya  sekolah yang lebih dekat ke pemukiman dan lebih baik diharapkan proses belajar dan.mengajar lebih mudah,"katanya.

Kepala Dusun Kuala Bangka, Charles Robinson Ompusunggu mengapresiasi usaha group Asian Agri yang peduli dengan pendidikan.

"Pembukaan tapak sekolah yang dilakukan Hari Sawit Jaya dan sudah terealisasi seluas 0,5 hektare itu suatu yang menyenangkan pemerintah dan warga,"katanya.

Manajemen PT Hari Sawit Jaya, katanya, sangat cepat merespon permintaan warga untuk membantu mewujudkan pembukaan tapak bangunan sekolah SD itu.     

Mewakili tokoh masyarakat, Malukdin Siboro dan Janaller Situmorang, senada mengucapkan terimakasih kepada pihak  PT HSJ Asian Agri atas adanya bantuan pembukaan tapak sekolah itu.
 
"Masyarakat masih berharap Asian Agri terus membantu hingga bangunan sekolah itu berdiri dan termasuk dalam pengembangannya,"ujar Malukdin

Bantuan sangat diperlukan mengingat perekonomian masyarakat di wilayah itu masuk.katagori di bawah rata-rata.

Dy Head Smallholder Asian Agri, Rafmen mengatakan, Program Kemitraan Asian Agri dengan petani swadaya di sekitar perusahaan sudah berjalan sejak tahun 2012 dan sudah menunjukkan dampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat. 

Selain program di bidang ekonomi ini, PT HSJ juga sangat perhatian dengan program pendidikan. 

Proses pembangunan gedung SD swasta yang saat ini baru diselesaikan tahapan tapak sekolah, adalah wujud kepedulian PT HSJ bagi peningkatan kualitas sumberdaya manusia dan suasana belajar yang nyaman.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018