Tanjungbalai, (Antaranews Sumut) - Pemkot Tanjungbalai menyatakan suatu lembaga seperti FKUB dan FPK perannya sangat penting dalam menjaga dan menciptakan kondusifitas daerah dari berbagai ancaman yang menganggu kamtibmas daerah.
  
Hal itu disampaikan Wali Kota Tanjungbalai H Muhammad Syahrial, Kamis, ketika mengukuhkan pengurus Forum Kerukunan Ummat Beragama (FKUB)  dan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kota Tanjungbalai masa bakti 2018-2023.
  
Wali Kota mengungkapkan, harmoni sosial dan kondusifitas Kota Tanjungbalai selama ini masih tetap terjaga dengan baik. Ini berakar dari terciptanya kerukunan hidup beragama dengan masyarakatnya heterogen.
  
Perbedaan agama, suku bangsa dan kepercayaan sering sekali dijadikan pemecah persatuan oleh kelompok-kelompok tertentu, akan tetapi, dengan semangat Bhineka Tunggal Ika mari kita jadikan Kota Tanjungbalai yang Berprestasi, Religius, Sejahtera, Indah dan Harmonis atau "BERSIH".
 
 "Keberadaan lembaga FKUB dan FPK hendaknya menjadi sarana untuk membangun dan  terciptanya budaya saling pengertian, saling menghormati dan saling menghargai atas segala perbedaan dengan tradisi tenggang rasa demi kondusifitas daerah," imbau Wali Kota Syahrial.
 
 Ia melanjutkan, peran tokoh agama dan tokoh adat juga sangat penting untuk memberikan pemahaman yang lebih dinamis ditengah-tengah kondisi Kota Tanjungbalai yang majemuk, dengan menanamkan semangat kebersamaan ditengah masyarakat.
  
Diharapkan FKUB dan FPK menjadi garda terdepan dalam menyelesaikan dengan cepat dan tepat konflik yang berpotensi memecah belah bangsa, khususnya di Kota Tanjungbalai.
 
 "Kepengurusan FKUB dan FPK yang baru hendaknya membuat suatu gebrakan atau kegiatan yang dapat mempererat hubungan umat beragama dalam menciptakan toleransi umat beragama," ungkap Wali Kota.
  
Sesuai catatan, pengurus FKUB masa bakti 2018-2023 dilantik berdasarkan Surat Keputusan Wali Kota Tanjungbalai Nomor 450/117/K/2018 dengan Ketua terpilih H.Haidir Siregar dan Seketaris Marolop Mangunsong.
  
Sedangkan Surat Keputusan Wali Kota Tanjungbalai Nomor  300/101/K/2018, menetapkan H Muhammad Kosasih dan Tuah Manurung sebagai Ketua dan Sekretaris FPK Kota Tanjungbalai masa bakti 2018-2023.

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018